Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Sesuai Penyebabnya

0
29
Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Sesuai Penyebabnya

Lemari Es atau kulkas adalah sebuah alat elektronik rumah tangga yang dipakai untuk pendingin. Saat ini kebanyakan rumah tangga di zaman modern ini pasti telah memiliki kulkas. Umumnya kulkas ini digunakan untuk membuat es atau untuk mengawetkan bahan makanan. Tapi bagaimana jika kulkas anda tiba- tiba tidak dingin? Tenag, kami akan bagikan cara memperbaiki kulkas tidak dingin.

Kulkas yang tidak dingin memang menyebabkan es tidak bisa membeku dengan sempurna. Selain itu makanan yang ada di dalamnya akan lebih cepat busuk. masalah seperti ini harus sesegera mungkin diatasi sebab, selain membuat lebih boros listrik juga akan membuat boros pengeluaran bahan makanan. Semuanya akan berujung kepada anggaran belanja.

Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Sesuai Penyebabnya

Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Dengan Mudah

Bila anda sedang menghadapi masalah dikarenakan kulkas anda tidak dingin lagi. Sebaiknya anda tak perlu khawatir. Sebab dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki kulkas tidak dingin. Yuk mari kita simak bersama-sama! Kami akan bagikan cara yang dapat digunakan saat anda sedang menghadapi masalah pada kulkas yang sudah tak dingin lagi, penjelasannya sebagai berikut :

1. Bersihkan Bunga Es Yang Menutup Lubang Angin

Setelah anda memeriksa ternyata hal ini memang terjadi, maka anda harus segera membersihkan bunga es yang menumpuk itu. Mudah sekali untuk membersihkan bunga es ini. Bisa dilakukan hanya membuka pintu kulkas dan menaruh kipas angin di depannya supaya anginnya bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas.

Saat bunga es sudah mencair, anda bisa membuang air yang tertampung pada bagian bawah freezer. Kemudian lakukan gunakan lap bersih untuk mengelap supaya air bisa hilang dan tidak menimbulkan terbentuknya bunga es kembali dalam waktu dekat.

2. Atur Suhu Maksimal Pada Kulkas

Ketika anda membeli kulkas baru, periksalah terlebih dahulu pengaturan suhunya setelah anda menyalakannya. Seringkali ditemukan kasus pada seseorang yang memang baru mempunyai kulkas dan mengeluh kulkasnya tidak dingin. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya pengetahuan terhadap karakteristik kulkas.

3. Terjadi Kerusakan para Sistem Refrigan (Freon)

Jika pipa kapiler di sistem Refrigan tersumbat maka sirkulasi gas freon tidak akan bisa mengalir dengan baik. Pipa ini memang sangat kecil dan mudah sekali mampet jika kulkas tidak dibersihkan dengan baik.

Jenis kulkas dengan satu pintu yang sering mengalami masalah ini. Sebab jenis ini memang tidak dibekali defrost dan fan yang membantu untuk membersihkan bunga es.

4. Kerusakan pada Kompresor

Kompresor adalah salah satu bagian terpenting dari lemari pendingin, tugasnya adalah menyebarkan hawa dingin keseluruh bagian. Bayangkan saja jika komponen ini rusak.

5. Komponen yang Bertugas Menjaga Suhu Rusak

Meskipun fungsinya adalah untuk membekukan makanan, akan tapi kulkas juga diberi sistem guna menjaga suhu supaya tidak terlalu dingin.

Komponen yang bertugas dalam hal ini adalah Thermostat, Fan, Heater, Defrost, Timer. Jika komponen tersebut rusak maka suhu menjadi sangat sangat dingin dan terjadi bunga es yang menebalĀ  Kemudian menggangu kinerja kompressor untuk menyebarkan suhu.

6. Hindari Menyimpan Makanan Yang Masih Panas

Penyimpanan banyak makanan di dalam kulkas dengan kondisi yang masih panas akan menyebabkan suhu di dalam kulkas menjadi menurun karena berinteraksi dengan suhu panas yang dihasilkan oleh makanan yang anda simpan tersebut. Logikanya bila suhu panas lebih dominan, maka suhu yang ada disekitarnya juga akan mengikutinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here