Cara Menaikan Daya Listrik Sendiri Tanpa Ganti MCB

0
48
Cara Menaikan Daya Listrik Sendiri Tanpa Ganti MCB

Seiring dengan semakin majunya finansial, maka seringnya kita diberikan pilihan membeli berbagai macam alat listrik dengan daya besar. Seperti AC, Kulkas, Mesin Cuci dan peralatan rumah tangga lainnya. Yang mana pemakaian alat tersebut hanya beberapa waktu saja. Ketika memiliki daya terbatas, misalnya 450 VA yang diinstalasikan di rumah, maka kita tak boleh menyalakan alat tersebut bersamaan. Lantas, adakah cara menaikan daya listrik sendiri agar listrik tidak njepret?

Listrik njepret atau konsluit sering terjadi jika arus listrik dari kabel yang bertegangan beradu dengan ground. Sementara beban berlebih, atau dengan kata lain anda memakai alat listrik di atas maksimal daya kekuatan MCB. Bila MCB 4 ampere, maka daya maksimal adalah 880 watt. Bila penggunaan lebih dari itu, pasti MCBnya njepret.

Cara Menaikan Daya Listrik Sendiri Tanpa Ganti MCB

Inilah Cara Menaikan Daya Listrik Sendiri Tanpa Perlu Ganti MCB

Adakah cara menaikan daya listrik sendiri tanpa mengganti MCB di rumah anda? Sebab kalau ingin menambah daya ke PLN, pastikita harus menambah lagi biaya dan tentunya pengeluaran bulanan untuk listrik juga akan semakin banyak. Nah, di bawah ini ada beberapa cara dalam mengakali kurangnya daya di rumah tanpa harus mengganti MCB dengan daya yang lebih besar.

Ternyata anda bisa mengakalihal tersebut dengan menggunakan sebuah alat. Alat itu bisa membuat daya keluaran menjadi lebih tinggi meskipun daya yang ada di rumah di bawahnya. Sehingga ini dapat digunakan untuk alat berdaya tinggi seperti motor listrik tanpa MCB anda njepret lagi.

Pernah ditemui seseorang yang menggunakan alat ini untuk menyalakan sebuah mesin potong dengan ukuran 1600 Watt. Sementara daya listrik yang terpasang di rumah hanya 1300 Watt. Di dalam alat itu memiliki rangkaian PWM yang bisa mengatur kecepatan putar motor dengan power yang masih mantap.

Ini berbeda dengan rangkaian dimmer yang akan hilang tenaga putarnya saat anda mengaturnya. Sebab dalam alat ini terdapat sensor arus dengan kawat nikelin sebagai pengganti sensor pendeteksi sehingga saat motor start hanya sedikit kaget untuk menyesuaikan arus listriknya. Setelah itu perputaran mesin akan berjalan normal tanpa kendala apapun.

Fungsi alat ini adalah untuk motor brush 1 phasa tanpa kapasitor seperti bor, gerinda, mixer, mesin potong besi, mesin potong aluminium, dan juga motor listrik lainnya yang tak memakai kapasitor start. Anda bisa mencobanya di rumah.

Menggunakan Rangkaian Sendiri

Rangkaian ini jelas beda dengan teknis ‘penguatan’ menggunakan resistor beban seri atauĀ sofstart yang meskiĀ  kuat akan berakibat kinerja alat listrik yang bersangkutan menurun. Seperti lampu lebih redup, putaran motor lebih lemah dan lainnya.

Kita perlu relay 220V dan 4 buah dioda tegangan tinggi (kalau tidak mau beli bisa kita ambil dioda bekas lampu TL yang sudah rusak). Pemakaian relay secara otomatis mengkondisikan alat listrik berdaya besar bisa menyala bergantian.

Cara Merangkai:
Sebelum merangkai kita harus tahu beberapa hal berikut:

  1. Relay mempunyai sekunder berupa kontaktor NO (Normally Open) dan NC (Normally Closed);
  2. Untuk alat listrik dengan daya besar biasanya memiliki kontaktor bernama BIMETAL. Ia bekerja berdasarkan suhu. Sehingga perlu diingat bahwa alat listrik yang selamanya tersambung pada listrik, karena aksi Bimetal, BELUM TENTU mengkonsumsi daya listrik.
  3. Mesin air, otomatis harus dipasang dalam tandon. Jadi kita harus punya tandon jika ingin memanfaatkan relay.
  4. Urutkanlah secara prioritas kebutuahn alat listrik dalam rumah tangga yang akan kita rancang.

Sebisa mungkin sebaiknya memakai jenis softstart menggunakan induktor atau lilitan. Bukan resistor murni, dengan harapan induktor ini hanya membuang tegangan tanpa meninggalkan rugi panas yang signfikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here