Cara Merakit Power Ampli Mini Sederhana Di Rumah

0
36
Cara Merakit Power Ampli Mini Sederhana Di Rumah

Sebenarnya cara merakit power ampli mini itu sangat mudah bila anda sudah terbiasa berurusan dengan berbagai macam rangkaian elektronik. Akan tetapi, pastinya bisa lain ceritanya bila anda memang tak terbiasa berurusan dengan rangkaian elektronik, atau bahkan mungkin sama sekali anda belum pernah dan tidak memiliki dasar pengetahuan mengenai rangkaian listrik dan elektronik.

Meski demikian, anda tak usah khawatir akan hal itu. Sebab saat ini seiring dengan berkembangnya zaman anda bisa mempelajari apa saja dan juga mencari informasi apa saja dengan menggunakan bantuan internet, termasuk dengan cara merakit power ampli mini.

Cara Merakit Power Ampli Mini Sederhana Di Rumah

Cara Merakit Power Ampli Mini 5 Watt (Mono)

Di bawah ini akan kami sampaikan mengenai panduan cara merakit power ampli mini. Dimana power ini bisa dinyalakan dengan supplay daya 5 Volt. Seperti carger Hp, USB dari laptop, atau power supplay 5 volt. Rangkaian listrik ini sangat mudah dan juga bahannya cukup banyak tersedia dengan harga murah.

Komponen yang diperlukan hanya sedikit saja. Seperti beberapa potensio, IC, Kapasitor dan resistor. Dengan begitu, rangkaian ini sangat cocok untuk belajar merakit rangkaian elektronika. Kami telah menyediakan gambar skema rangkaian yang bisa menjadi panduan anda dalam merakit power ampli mini.

Daftar Komponen Yang Diperlukan

IC LM368
soket IC 8pin
Potensio mono 1K(kalau tidak ada bisa memakai 50K)
Elco 10uF 16V  atau 25V
Elco 250uF 16V atau 25v
Mylar 0.05uF = 50nF atau 56nF
kapasitor bypass 56nF
Resistor 10 ohm
PCB
Kabel secukupnya
Speaker
kabel USB

Pembahasan:

1. IC LM386

IC LM386 adalah sebuah chip berisi penguat audio kelas AB. Untuk mengoperasikan IC ini dibutuhkan tegangan 1.8 – 15 Volt dan perlu tambahan beberapa komponen resistor, kapasitor, speaker, jack audio 3.5

Bisa juga menggunakan Soket IC 8 pin. keuntungan menggunakan soket IC adalah IC terhindari kerusakan terkena panas saat menyolder karena soketnya yang disolder, keuntungan lain adalah jika terjadi kerusakan pada IC mudah dilepas dan diganti dengan IC yang baru.

2. Resistor

– Gambar kotak atau garis zig-zag pada sebelah kiri merupakan simbol resistor.
– Ada 2 standar gambar simbol eletronik yang sering digunakan didunia(standar amerika dan eropa).
– Resistor memiliki nilai tertentu dengan satuan “ohm”
– Resistor yang memiliki 4 gelang, 5 gelang dan 6 gelang warna. Warna ini mengkodekan nilai dari resistor.
10 ohm = coklat-hitam-hitam-emas

3. Kapasitor

Kapasitor polar (a) dan kapasitor nonpolar (b)

Untuk kapasitor polar lebih dikenal dengan nama Elco, tanda garis hitam pada body kapasitor untuk menandai posisi kaki negatif. Banyak macam dari kapasitor nonpolar, salah satunya adalah mylar. Karena tidak ada kapasitor dengan nilai tepat 0.05uF (0.05uF = 50nF) maka pakai kapasitor yang nilainya mendekati yaitu 0.056uf.

4. Speaker

Speaker berfungsi untuk menghasilkan frekuensi suara dari rangkaian ampli mini. Pemilihan speaker yang tepat dibutuhkan untuk menghasilkan suara yang baik. Pada gambar, speaker disimbolkan dengan RL.

5. Jack Audio

Input rangkaian ini berasal dari HP, MP3, player, laptop atau peralatan pemutar audio lainnya. Untuk menyambungkan peralatan audio ke rangkaian memakai jack audio 3.5 . Berikut penyambungannya:
– Untuk Kabel merah disambung ke In R(input Right)
– Kabel putih disambung ke In L(input Left)
– Kabel kuning adalah ground

6. Sumber Tegangan

VS Voltage Supply terkadang ditulis pula VCC. Artinya di kaki atau sambungan ini butuh disambungkan ke suatu sumber tegangan positif (+)
Ketika kabel usb dikupas ada 4 kabel (hijau”Gnd”, kuning, merah, putih”+”). Sambung kabel warna putih ke Vs/kaki nomor 4 dan sambungkan kabel hijau ke ground rangkaian tda2822. Sumber tegangan disarankan menggunakan 9 sampai 12V dengan arus 500mA.

7. Kabel

Kabel tebuat dari bahan penghantar listrik yang baik seperti tembaga. Yang paling umum kabel bewarna hitam digunakan untuk ground dan merah untuk selain ground.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here