Cari Tahu Daftar Makanan Penurun Kolesterol Berikut Ini

0
34
Makanan penurun kolesterol tomat
Tomat jadi makanan penurun kolesterol

ceritatentang.com, Sebenarnya kolesterol tidak melulu bersifat negatif, karena banyak yang yakin bahwa ia bisa mengganggu kesehatan sehingga kamu perlu mengetahui daftar makanan penurun kolesterol agar kamu bisa mengatur pola makan.

Ada kesalahan persepsi di tengah masyarakat bahwa kolesterol hanya bersifat jahat saja, padahal tubuh juga butuh koleterol ini agar dapat membantu pembentukan sel sehat. Secara umum, kolesterol dibagi menjadi dua, yaitu LDL dan HDL. LDL merupakan kolesterol buruk yang bisa menyebabkan penderitanya terkena serangan jantung juga stroke. Sedangkan HDL merupakan kolesterol baik dalam tubuh

Asal jangan sampai kolesterol dalam tubuh sangat tinggi sehingga menimbulkan risiko menyumbat pembuluh darah atau risiko terkena penyakit kronis lainnya.

Jika kadar kolesterol dalam darah kamu sudah sangat tinggi, sebiaknya kendalikan dengan konsumsi makanan serta minuman yang bisa jadi penurun kolesterol. Berikut daftar lengkapnya.

Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran yang mengandung potasium sehat. Selain itu juga ada kandungan sehat lain seperti vitamin A dan C, lycopene yang membantu menurunkan kadar LDL dalam tubuh kamu.

Tuna

Mengonsumsi tuna segar dianjurkan setidaknya dua kali seminggu agar laju peningkatan plak dalam tubuh kamu bisa diturunkan. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan bisa membantu menurunkan faktor rrisiko penyakit jantung atau menurunkan level trigliserida.

Kentang

Kentang panggang juga mengandung potasium yang lebih baik dibanding buah pisang. Jumlah nutrisi penting yang didapatkan tubuh dari kentang bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi adanya risiko penyakit-penyakit kardiovaskular yang ditimbulkan.

Salmon

makanan penurun kolesterol
Salmon merupakan makanan penurun kolesterol

Sumber omega-3 yang tinggi lainnya adalah ikan salmon. Ikan jenis ini memang sudah dikenal kandungannya yang sehat dan manfaatnya dalam mengurangi inflamasi dan mengandung trigliserida, selain mengurangi kolesterol.

Apel

MEngonsumsi apel sehari, bisa membantu menjauhkan kamu dari kardiologis. Bahkan hal ini sudah dibuktikan dalam studi sebelumnya. Bahwa mengonsumsi apel akan menurunkan total kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena adanya kandungan phenolic yang ada dalam kulit apel.

Bayam

Sayuran hijau pada umumnya termasuk bayam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan produksi nitric oxide (NO) yang membantu membersihkan pembuluh darah dan mengurangi atherosclerosis.

Pisang

Buah yang satu ini membantu menurunkan kolesterol dengan cara mengeluarkan dari sistem pencernaan. Sehingga aliran darah tidak terkontaminasi oleh kolesterol dan menyumbat arteri. Buah ini disebut paling efektif menurunkan kadar kolesterol.

Terong

Ternyata terong juga bisa menurunkan tingkat stres yang menjadi proses peningkatan kolesterol dengan adanya inflamasi kronis dan pembentukan plak. Selain terong, okra juga bisa menjadi makanan untuk penurun kadar kolesterol serta meningkatrkan asupan serat.

Alpukat

Buah ini kaya akan serat dan lemak jenuh yang dapat menurunkan risiko penyakit stroke dan kardiovaskular.

Oat

Serat yang terkandung dalam oat disebut beta glucan yang membantu menurunkan kadar LDL. Makanan ini menyerap air dan mengeluarkan sisa lemak jenuh sebelum masuk dalam aliran darah.

Untuk mendapatkan makanan penurun kolesterol terbaik, ada baiknya oat dicampurkan dengan pisang dan chia seed sehingga semakin ampuh menurunkan kadar kolesterol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here