5 Rekomendasi Buku Parenting Buat Ayah, Sudah Baca?

0
25
Parenting bagi ayah
Rekomendasi buku Parenting bagi ayah

Ceritatentang.com, Dalam rumah tangga, ayah dan ibu punya tanggung jawa yang sama dalam mengasuh buah hati tercinta. Sehingga ilmu parenting tidak hanya harus dimiliki ibu, tetapi juga harus dikuasai ayah.

Tidak ada teori atau aturan yang mengharuskan ibu yang mengasuh anak dan ayah yang bekerja. Peran keduanya sama-sama penting dalam tumbuh kembang si buah hati.

Selain rajin mengikuti seminar-seminar keluarga, si ayah juga bisa membaca buku-buku rekomendasi berikut ini.

1. Me and My Two Daughters

Buku ini berisi tentang cerita seorang ayah yang punya satu istri dengan dua orang anak perempuan. Buku yang ditulis oleh Willy Budiman Winata ini berdasarkan pengalaman sendiri ketika mengalami perubahan yang terjadi, baik perubahan sikap istri serta kedua anaknya.

Dari buku ini sang ayah bakal tahu resiko tindakan dalam keluarga, cara membagi waktu antara kerja dan keluarga, aktivitas yang dapat mempererat hubungan dalam keluarga, hingga kebiasaan-kebiasaan kecil yang dapat menunjukkan rasa sayang pada keluarga. Tentu saja kisah-kisah dalam buku ini akan memberikan inspirasi bagaimana kompleksnya dunia parenting, terkhusu untuk ayah.

2. Belajar Menjadi Ayah

Bekerja dan menafkahi keluarga saja tidak cukup bagi ayah untuk ambil bagian mengasuh anak. Dalam buku Belajar Menjadi Ayah ini, penulis ingin mengajak semua ayah agar meluangkan waktu bersama anak-anaknya. Sang Penulis, Thomas Kristo, menyebut cara tersebut wujud nyata yang bisa dimengerti anak-anak sebagai tanda sang ayah juga peduli padanya.

Jangan hanya bekerja, tapi sang ayah juga harus meluangkan waktu bersama anak-anaknya. Agar anak tidak beranggapan si ayah lebih mementingin hal lainnya daripada anaknya.

3. Ayah Bunda, Kapan Kita Bisa Bermain Bersama?

ilmu parenting
ilmu parenting untuk Ayah

Anak-anak memang waktunya hanya bermain. Dengan cara bermain, anak melatih dirinya untuk memahami dir isendiri untuk bersosialisasi bersama lingkungannya. Selain itu, anak juga berlatih mengembangkan kreativitas dan mental.

Buku Ayah Bunda, Kapan Kita Bisa Bermain Bersama ini hadir bagi para orangtua, khususnya ayah, agar bisa lebih dekat pada anak-anaknya dengan kegiatan-kegiatan sederhana seperti bermain, namun bernilai edukasi dan penuh dengan nilai kreatif.

4. Anakku Anugerah Istimewa: Perjuangan Seorang ayah yang Berdamai dengan Autisme Putranya

Penulis buku ini Nurhaidin ini ditujukan untuk terapi. Ternyata, buku ini menjadi sarana pembelajaran bagi orangtua menentukan sikap menghadapi anak berkebutuhan khusus, tapi juga praktisi, seperti terapis, psikolog, dan dokter.

Pengalaman berharga ini dibagikan oleh Nurhaidin dalam bukunya. Diharapkan setelah membaca buku ini para pembaca, khususnya ayah mendapatkan solusi dan juga manfaat dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus dengan sangat baik.

5. Ayah Edi Mengapa Anak Saya Suka Melawan

Buku ini mengajak para pembaca untuk kembali menjadi kanak-kanak lagi. Halaman demi halaman berisi kumpulan harapan dan impian yang ditulis anak-anak dari semua umur. Buku ini juga dilengkapi dengan DVD yang berisi dongeng.

Buku parenting ini memberi tahu semua orangtua berpikir anak, keinginan anak, serta cara berkomunikasi dengan lebih baik pada anak. Mengasuh anak memang bukan sesuatu yang udah. Maka diperlukan peran dan kerjasama ayah dan ibu agar menjadi lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here