6 Cara Mengajar Anak SD di Rumah Bagi Orang Tua

0
25
Cara mengajar anak SD di rumah
Ada sejumlah cara mengajar anak Sd di rumah bagi orang tua.

Ceritatentang.com, Belajar bagi anak merupakan hal penting yang harus dilkakukan demi perkembangan diri si anak. Akan tetapi, ada sejumlah masalah yang kerap kali dihadapi ketika tengan mengajari anak-anak belajar. Mulai dari usia taman kanak-kanak, anak akan dihadapkan pada kondisi yang menuntut mereka untuk bisa membaca dan menulis, selain itu untuk anak usia sekolah dasar pun juga demikian. Anak dituntut untuk bisa menulis, membaca, dan menghitung.  Ada sejumlah cara mengajar anak SD di rumah dan bisa dilakukan oleh orang tua.

Dalam proses belajar anak tentu peran orang tua sangat dibutuhkan. Anak hanya memilki waktu belajar di sekolah maksimal 6 jam, 18 jam lebihnya anak menghabiskan waktu dengan orang tua. Oleh sebab itu, Orang tua sebaiknya tidak hanya mengandalkan anak belajar di sekolah, tapi juga mengajari anak belajar di rumah. Selain anak akan lebih maksmial dalam menangkap pelajaran, dengan mengajari anak di rumah juga dapat mendekatkan orang tua dengan anak.

Ada banyak cara untuk mengajari anak di rumah, mulai dari belajar membaca, menulis, hingga berhitung. Berikut adalah sejumlah cara mengajar anak SD di rumah yang bisa dipraktikan orang tua:

Buat Anak Siap Belajar dengan Motivasi

Sebelum mengajarkan anak untuk belajar, pastikan orang tua sudah menyiapkan anak untuk belajar. Maksud menyiapkan anak untuk belajar adalah memberikan semangat kepada anak yang akan menjalani pembelajaran.

Hal yang dilakukan seperti mengajaknya berdo’a, memberikan semangat berupa kata-kata inspiratif, mengajaknya meneriakan yel-yel, atau bisa juga dengan bernyanyi, Buat suasana hati anak menjadi senang agar ketika belajar, emosi anak dalam keadaan baik.

Menjalin Interaksi yang Baik

Ketika ingin mengajarkan anak di rumah, orang tua tidak boleh terlalu memaksanya. Perlu adanya pengkondisian agar anak siap untuk belajar. Untuk itu, orang tua perlu melakukan interaksi yang baik dengan anak. Misalnya, ketika anak masih bermain di saat anak masih belajar, orang tua bisa mengingatkan anak tanpa harus membentaknya. Pendekatan yang baik seperti memulai pembelajaran dengan bercerita bisa menjadi solusi.

Terjun Langsung

Cara Mengajar anak sd di rumah
Cara Mengajar anak sd di rumah dengan seru

Salah satu cara agar anak lebih mudah mengerti adalah dengan mengajak anak untuk terjun langsung atau langsung praktik. Orang tua bisa memberikan contoh lalu mengajak anak untuk ikut serta. Seperti halnya ketika sedang belajar matematika, orang tua bisa memberikan contoh hitung-hitungan sederhana, kemudian ajak anak untuk mempraktikannya.

Belajar Sambil Bermain

Anak usia sekolah dasar terkenal senang bermain. Orang tua perlu menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Anak usia ini sering kali merasa bosan, maka dari itu orang tua harus bisa mengakalinya dengan menyisipkan permainan ketika belajar.

Misal, orang tua bisa mengajarkan anak berhitung sambil memegang permainan. Orang tua dan anak dapat menjumlahkan mainan datu per satu dan menjawab hasilnya. Dengan cara ini anak akan lebih mudah menangkap materi penjumlahan.

Belajar Sambil Menggambar

Ketika mengajarkan anak usia sekolah dasar kelas satu bisa diajarkan dengan cara menggambar dan mewarnai. Orang tua dapat memberikan fasilitas berupa alat mewarnai dan menggambar. Pemanfaatan media gambar ini untuk menjelaskan materi yang sedang dipelajari. Anak dapat melihat langsung wujud dari apa yang sedang dibahas.

Menggunakan Audio visual

Sesekali ajak anak untuk belajar dengan media audiovisual. Hal ini dilakukan agar anak tidak merasa bosan. Pertama kita harus mengetahui apa yang sedang diminati anak saat itu. Misalkan saja anak tengah belajar IPA yang berkaitan dengan astronomi. Orang tua dapat mencari sejumlah pelajaran biologi yang penjelasannya menggunakan metode audio visual.

Penggunaan audiovisual ini cukup membantu anak dalam menghafal pelajaran yang tengah dipelajarinya. Mereka mendengar sekaligus melihat. Dalam pelajaran astronomi seperti pembentukan planet-planet tata surya serta pelajaran mengenai planet-planet. Dengan melihat bentuk dan wujudnya dalam animasi bergerak atau gambar bergerak dan disertakan narasi yang mudah dimengerti menjadikan anak akan lebih mudah menangkap pelajaran tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here