Coba 6 Tips Menabung di Rumah Ini dan Lihatlah Hasilnya

0
38
enam tips menabung di rumah dengan mudah
Ada enam tips menabung di rumah dengan mudah dan tepat

Ceritatentang.com, Menabung memang salah satu hal yang sulit untuk dilakukan. Banyak sekali alasan, seperti gaji pas-pasan, tanggungan banyak, bahkan ada yang kesulitan dalam mengatur keuangannya. Agar mencapai kemerdekaan secara finansial, ada beberapa tips menabung di rumah secara tepat.

Padahal, tidak ada aturan baku mengenai nominal uang yang harus disisihkan. Menabung haruslah sesuai dengan kesanggupan seseorang. Selain itu, nabung juga tergantung tujuan yang sudah ditentukan. Berapa banyak uang yang diinginkan dalam tabungan.

Satu hal yang harus dan wajib dimiliki, yaitu setiap orang harus memiliki tabungan itu sendiri. Sehingga kamu bisa bebas secara finansial.

Apabila hingga sekarang masih merasa kesulitan menabung, coba beberapa cara berikut ini. Jika disiplin mengikuti cara berikut dan mampu menahan diri untuk tidak mengikuti nafsu berbelanja, kamu pasti punya tabungan bulan ini dan seterusnya.

1. Menabung uang receh

tips menabung di rumah
tips menabung di rumah dengan uang koin

Cara yang paling mudah pertama adalah menabung uang receh yang didapat seusai berbelanja di minimarket atau warung tetangga. Koin yang biasanya hanya diletakkan di sembarang tempat, jika dikumpulkan, bukan tidak mungkin akan menjadi banyak.

Ingatlah pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Meskipun kelihatannya tak seberapa, jika ditabung terus jumlahnya akan bertambah. Bukan tidak mungkin dengan menabung uang receh kamu bisa beli kendaraan, smartphone, atau sekadar beli tas yang sudah lama jadi incaran. Lumayan, kan?

Cukup siapkan wadah, tidak perlu besar, tapi cukup untuk menampung uang logam yang kamu punya. Konsistenlah untuk mengisinya jika punya uang receh.

2. Tabung uang dengan nominal tertentu

Metode ini cukup banyak diterapkan karena lebih mudah. Kamu dapat menyisihkan nominal tertentu, misalnya Rp 20 ribu. Jadi saat kamu memiliki nominal uang Rp 20 ribu, kamu harus memasukkannya dalam celengan. Jika nominal itu masih terasa sulit, bisa menerapkan nominal yang lebih kecil, bisa Rp 10 ribu, Rp 5 ribu, bahkan nominal Rp 2 ribu.

Ternyata cara ini ampuh untuk membiasakan seseorang menabung setiap hari.

3. Menabung sesuai tanggal

Beberapa tips menabung di rumah
Sisihkan uang setiap hari sesuai tanggal agar adalah salah satu tips menabung di rumah

Cara ini akan mengajarkan kamu untuk menabung dengan nominal sesuai tanggal hari itu. Saat tanggal 1, nominal uang yang harus ditabung adalah Rp1 ribu. Begitu seterusnya hingga tanggal 30, yang berarti harus menabung Rp 30 ribu.

Cara ini juga akan ampuh, sebab jika dihitung-hitung, dalam satu bulan, kamu bisa menabung sekitar Rp 465.000 – Rp 496.000, tergantung berapa jumlah tanggal dalam satu bulan.

4. Menabung dengan tanggal terbalik

Cara yang ini tentu saja kebalikan dari cara sebelumnya. Jika tadi kamu menabung sesuai tanggal hari itu, maka dengan cara ini kamu harus menabung kebalikannya. Jika di bulan itu berjumlah 30 hari, maka di tanggal 1, nominal yang harus ditabung adalah Rp 30 ribu. Makin sedikit setiap harinya. Hingga pada tanggal 30, jumlah uang yang harus ditabung hanya Rp 1 ribu saja.

Cara ini akan cocok bagi mahasiswa maupun pekerja kantoran yang menerima gaji di awal bulan. Makin menipis jumlah uang, makin sedikit nominal yang harus ditabung.

5. Menabung uang kertas terkecil

tips menabung di rumah dengan tepat
Sisihkan nominal tertentu tiap hari adalah tips menabung di rumah dengan tepat

Cara selanjutnya yaitu dengan menyisihkan uang kertas nominal terkecil yang ada dalam dompet. Sebelum tidur, lihatlah uang yang ada dalam dompet kamu. Ambillah uang kertas nominal terkecil dan masukkan dalam tabungan. Cara ini akan terasa tidak berat, dan secara konsisten akan membuat jumlah tabungan kamu semakin banyak.

6. Menabung emas

Kamu dapat menabung dengan lebih mudah, salah satunya dengan menabung emas. Jangan terserang kepanikan dulu, sebab menabung emas tidak harus punya dana besar. Tentu juga dapat dicicil. Ada pilihan yang bisa dipilih. Pertama, dengan menerapkan tips menabung di rumah kemudian membelikannya emas jika uangnya sudah terkumpul. Kedua, membuka rekening tabungan emas di pegadaian maupun di bank.

Membelikan uang tabungan untuk emas akan membuat semua usaha kamu tidak sia-sia. Ini adalah cara efektif untuk menambah nominal tabungan. Sebab, harga emas tidak tergerus inflasi, malah terus bertambah.

Enam tips menabung di rumah ini dapat kamu terapkan untuk mencapai kemerdekaan secara finansial. Sebenarnya menabung dapat dilakukan dengan berbagai cara, tidak ada patokan khusus. Yang dibutuhkan hanyalah konsistensi dan disiplin untuk menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Pilihlah cara yang mudah kamu terapkan dan tidak memberatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here