Cara Bikin Seblak Ceker Super Pedas Khas Bandung

0
226
Cara Bikin Seblak Ceker Super Pedas Khas Bandung

Ceritatentang.com, Salah satu jajanan pedas nikmat yang sudah sangat populer akhir- akhir ini di kalangan orang tua ataupun juga anak muda adalah seblak ceker. Sebuah masakan yang dibuat dengan bahan dasar ceker ayam yang dibersihkan dari kulitnya. Cara bikin seblak ini juga tidak sulit. Anda bahkan bisa mencoba membuatnya di rumah.

Rasa sedap dan juga pedas begitu menempel di lidah sehingga dapat membuat anda merasa ketagihan setelah memakannya. Seblak ini banyak dijual dipinggiran jalan ramai atau juga stand- stand yang sering ada di depan mini market dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi, anda juga bisa memasaknya sendiri bila anda ingin mengikuti resep yang kami bagikan tentang cara bikin seblak ceker pedas.

Panduan Cara Bikin Seblak Ceker Khas Bandung

Jajanan seblak ceker pedas yaitu makanan yang dibuat dari bahan dasar dari ceker ayam serta memakai bumbu rempah pilihan. Ketika anda mengigit cekernya akan anda dapatkan tekstur yang lunak dan empuk. Apalagi bumbu seblak yang bisa meresap sampai ke dalam tulang.

Menu seblak ini enak sekali jika di makan pada saat siang hari sebagai cemilan atau juga sebagai teman nasi anda yang di temani dengan segelas teh manis dingin atau es jeruk. Untuk membuat seblak ceker tentunya sangat mudah sekali, tetapi sebelum membuat seblak ceker agar rasa cekernya empuk dan lunak sebaiknya cecer ayam di rebus terlebih dahulu hingga empuk dan matang.

Resep Cara Bikin Seblak Ceker Pedas

Di bawah ini adalah cara bikin seblak yang lengkap mulai dari bahan hingga cara membuatnya. Kami sajikan lengkap untuk anda pecinta seblak ceker di rumah.

Bahan-bahan :

  • Ceker ayam sebanyak 500 gr
  • Air kaldu sebanyak 100 ml
  • Air bersih sebanyak 100 ml
  • Bawang putih sebanyak 2 pcs
  • Bawang merah sebanyak 3 pcs
  • Cabe merah sebanyak 5 pcs
  • Cabe rawit sebbanyak 5 pcs (sesuai dengan selera)
  • Minyak goreng 1 sendok makan
  • Kencur sesuaikan
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Langkah-langkah cara membuat seblak ceker pedas :

  1. Siapkan panci yang berisi air dan rebus ceker sampai matang. Lalu masukan ceker dan rebus sampai ceker matang dan empuk. Jangan lupa tambah garam supaya rasanya sedikit gurih. Angkat dan bersihkan kulit dan kukunya
  2. Bumbu halus diantaranya bawang merah, cabe rawit, bawang putih, cabe merah, juga kencur dihaluskan menggunakan cobek. Wajan dipanaskan lalu tambah minyak dan tumis bumbu halus sampai matang dan aromanya harum.
  3. air dan ceker dimasukkan, aduk sampai rata sambil tambah dengan bumbu lain seperti garam, gula pasir, penyedap rasa, dan kecap manis. Aduk sampai bumbunya meresap dan matang.
  4. Angkat dan siap di sajikan

Tips Agar Seblak Ceker Empuh dan Tidak Amis

1. Pilih ceker yang masih segar

Bau amis yang berlebihan pada ceker biasanya terjadi karena ceker itu sudah lama. Pastikan beli ceker yang segar dengan ciri: warna terlihat segar dan mengkilat.

2. Bersihkan ceker dengan benar

Supaya kulit mudah terlepas, anda dapat merendamnya lebih dulu dalam air panas beberapa saat.

3. Ceker dilumuri menggunakan air cuka atau jeruk nipis

Setelah ceker dilumuri air jeruk nipis atau cuka lalu diamkan kurang lebih 10 menit. Hingga bau amis tidak tercium lagi.

4. Rebus ceker

Ada dua metode yang bisa digunakan, yaitu merebusnya secara manual atau dengan menggunakan panci presto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here