Cara Diet Sehat Alami dan Cepat Menurunkan Berat Badan

0
157
Cara Diet Sehat Alami dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Ceritatentang.com, Ahli kesehatan maupun penjual obat pelangsing banyak yang menawarkan cara diet alami. Memang menurunkan berat badan itu kadang sulit dilakukan untuk sebagian besar orang. Umumnya mereka mencoba banyak diet dan kombinasi makanan. Tetapi sedikit saja yang berhasil. Untuk itu, kami akan bagikan cara diet sehat alami dan cepat menurunkan berat badan anda.

Ternyata cara diet yang alami bukan hanya membuat anda memperoleh berat badan yang ideal. Akan tetapi juga mempunyai tubuh yang sehat. Dengan menerapkan cara diet yang tepat, memperoleh berat badan yang ideal sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Anda tak perlu menyiksa diri dengan mengurangi porsi makan secara drastis, atau konsumsi makanan yang tak enak dan membuat anda kelaparan.

Cara Diet Sehat Alami dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Panduan Diet Sehat Alami dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Diet itu tidak melulu ketat atau bahkan harus dengan memakai obat. Nyatanya banyak pula cara diet alami dan sehat tanpa obat yang mudah untuk dilakukan sendiri. Diet merupakan cara mengatur pola makan untuk tujuan tertentu. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, menaikan berat badan pun bisa.

Di bawah ini ada beberapa cara diet sehat alami dan cepat menurunkan berat badan. Diantaranya adalah:

1. Kunyah dengan Benar Makananmu

Setiap anda makan dengan terburu-buru dan tidak mengunyahnya dengan baik, artinya anda tidak memberikan waktu pada perut untuk mengirimkan sinyal kenyang menuju otak. Oleh karena itu, mengunyah dengan benar dapat membantu anda merasa kenyang dan tidak makan berlebihan.

Cara mudahnya, anda bisa mengatur durasi makan. Sebagai contoh, beri waktu 15 menit untuk menghabiskan makanan kemudian berhenti beberapa saat. Dengan metode ini, anda dapat memberi jeda waktu yang cukup pada proses penyampaian sinyal kenyang menuju otak.

2. Konsumsi makanan kaya serat

Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang,pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

Manfaat makanan kaya serat antara lain :

  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
  • Mengendalikan gula darah
  • Memperlambat penyerapan glukosa

3. Puasa secara rutin

Berpuasa tidak hanya memberikan segudang manfaat kesehatan seperti memperbaiki metabolisme dan fungsi sel-sel tubuh. Kebiasaan ini juga dapat membantu anda mengatur asupan kalori yang berlebihan setiap harinya.

Anda bisa menjalankan perbandingan hari makan normal sebanyak lima hari dalam seminggu dan diselingi hari berpuasa sebanyak dua hari.

4. Olahraga

Daripada kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor, mulailah berjalan kaki kemanapun. Jangan cuma duduk diam di depan komputer. Mulailah lakukan hal-hal yang kelihatannya remeh seperti memarkir mobil jauh dari tempat yang dituju sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan lift atau eskalator.

Bisa juga melakukan olahraga 30 menit sehari secara rutin. Diawali dengan pemanasan tangan, kaki, dan kepala. lalu bisa dilanjutkan dengan joging, sit up, ataupun push up. Kegiatan olahraga ini apabila dilakukan secara rutin dapat membantu anda dalam proses penurunan berat badan.

5. Perhatikan Asupan Nutrisi

Tubuh setidaknya butuh 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari guna memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Pilihlah buah yang cocok untuk diet, dan konsumsi secara rutin.
Perhatikan Asupan Nutrisinya.

Bagi porsinya ke dalam beberapa waktu. Misalnya pada saat sarapan atau makan siang. Bisa juga menjadikan buah dan sayur sebagai camilan di sore hari atau saat makan malam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here