Cara Memasak Capcay Sayur Nikmat Saat Disantap

0
67
Begini Cara Memasak Capcay
Cara Memasak Capcay

Ceritatentang.com, Untuk anda semua yang merupakan penggemar capcay sayur yang terdiri dari berbagai macam sayuran sehat dan juga begizi, maka kali ini kami akan coba sajikan cara memasak capcay sayur yang nikmat rasanya saat disantap. Capcay sendiri terdapat dalam dua jenis. Ada capcay kuah dan ada juga capcay kering atau capcay goreng.

Capcay sendiri sering menjadi menu favorit yang paling sering dimasak. Dalam cara memasak capcay sayur, tekstur sayuran yang masih tetap renyah dan segar walaupun sudah dimasak merupakan sebuah hal yang penting. Anda pasti tak ingin kan jika capcay yang dibuat itu memiliki rasa yang kurang enak gara- gara sayurannya terlalu lembek atau juga terlalu matang.

Cara Memasak Capcay Sayur Nikmat Saat Disantap

Bahan dan Cara Memasak Capcay Sayur

Di bawah ini adalah bahan- bahan yang diperlukan untuk membuat capcay sayur. Selain itu juga dilanjutkan dengan cara memasak capcay sayurnya. Jadi simak terus selengkapnya.

Bahan sayur capcay :
1 buah wortel
4 lembar daun kol , potong
3 buah bakso , potong 4 bagian
1 batang daun bawang , potong serong
4 batang bunga kobis / kol , potong
2 batang caisim , potong potong
100 gram ayam , potong potong
1 sdt maizena , larutkan dalam sedikit air
50 gram udang potong potong
4 siung bawang putih , geprek
2 butir bawang merah , geprek
secukupnya gula
minyak untuk menumis secukupnya
garam dan merica secukupnya
air untuk kuah secukupnya

Cara membuat sayur capcay :

  • Langkah Pertama, tumis bawang merah dan bawang putih kemudian aduk aduk hingga harum, lalu tambahkan bakso, udang, garam dan ayam, terus aduk aduk dan masak hingga berubah warna .
  • Langkah kedua, Tambahkan semua bahan sayur, aduk merata, tuangi air secukupnya, lalu bumbui dengan garam, gula, dan merica, lalu aduk secara merata .
  • Selanjutnya, Tuangkan tepung maizena, lalu aduk aduk cepat hingga merata, masak hingga semua matang, lalu angkat dan sayur capcay buatan anda pun siap untuk dihidangkan.

Tips Memasak Capcay Sayur Agar Pas Matang dan Lezatnya

Agar capcay sayur yang anda buat tingkat kematangan serta rasanya bisa pas, maka di bawah ini kami sampaikan beberapa tips yang bisa anda ikuti.

1. Gunakan sayuran segar

Pilih sayuran yang tidak layu, terlihat segar, tidak ada bagian yang berlubang atau lembek. Anda bisa saja menggunakan berbagai macam sayuran seperti jagung muda atau jagung semi, sawi hijau, jamur kuping, wortel, kacang kapri, brokoli, kembang kol, dan kol.

2. Cuci sayuran dan tiriskan

Setelah dikupas dan diiris, cuci sayuran di bawah air yang mengalir lalu tiriskan di wadah yang berlubang. Ini bertujuan supaya sayuran tidak cepat busuk terkena air yang sudah mengendap.

3. Pilah sayuran saat dimasak

Tingkat kekerasan masing- masing sayuran itu berbeda sehingga ini mempengaruhi lama pemasakan. Agar semua sayuran tetap renyah dan terlihat segar setelah dimasak, pilah sayuran saat dimasak. Sayuran yang teksturnya keras seperti wortel harus dimasak terlebih dahulu. Tambah air sedikit dan juga tutup agar kematangannya lebih cepat.

4. Gunakan api sedang hingga besar

Supaya warna sayuran masih terlihat segar adalah dengan menggunakan api besar. Saat memasak wortel, kembang kol, dan jagung muda, gunakan api sedang. Tetapi gunakan api besar saat memasak brokoli, sawi hijau, kol, dan kacang kapri. Api yang besar akan membuat sayuran cepat matang namun teksturnya akan tetap renyah dan segar.

Jika ingin tambah sedap, bisa ditambah seafood, bakso, suwiran ayam atau kocokan telur. Sajikan capcay selagi hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here