Cara Memasak Kolak Pisang Untuk Menu Buka Puasa

0
35
Ini Dia Cara Memasak Kolak Pisang
Cara Memasak Kolak Pisang

Ceritatentang.com, Salah satu menu yang menjadi tradisi hidangan berbuka puasa seperti saat ini adalah kolak. Kolak sajian khas ramadhan pun bermacam-macam jenisnya. Ada kolak singkong, Kolak pisang, kolak kolang kaling dan juga bermacam-macam variasi kolak yang lainnya. Nah, untuk kesempatan kali ini, kami akan coba bagikan resep cara memasak kolak pisang untuk menu buka puasa anda nanti.

Menu takjil kolak pisang pun begitu banyak ragam variasi isiannya yang melengkapinya. Mulai dari kolak pisang original yang isinya hanya pisang saja, sampai dengan kolak pisang dengan ubi, kolak pisang buah nangka, dan berbagai macam jenis lainnya. Langsung saja untuk anda kami sajikan cara memasak kolak pisang yang nikmat dan lezat.

Cara Memasak Kolak Pisang Untuk Menu Buka Puasa

Cara Memasak Kolak Pisang Ubi Nikmat

Kolak pisang sebagai menu untuk buka puasa ini bisa anda sajikan untuk keluarga tercinta sebelum menikmati menu utama atau nasi . Anda juga dapat menyajikannya selagi hangat atau juga bisa menyajikannya dalam keadaan dingin dengan di tambahkan es batu secukupnya supaya bisa terasa segar . Disajikan dingin atau hangat, kolak pisang makyus dan lezat rasanya. Sangat cocok sekali dijadikan sebagai hadiah untuk keluarga setelah seharian anda menjalankan ibadah puasa .

Rasanya yang manis legit dari kolak pisang dan gurihnya santan menyatu menjadi satu disetiap suapnya . Anda jangan sampai melewatkan resep kolak pisang yang kami bagikan ini karena enak sekali.

Resep Kolak Pisang Ubi Sederhana

Di bawah ini merupakan bahan-bahan yang anda perlukan untuk membuat kolak pisang. Bahannya sangat mudah didapat. Jadi anda bisa membuatnya di rumah anda sendiri. Selain daftar bahan apa saja yang diperlukan, kami juga sampaikan cara memasak kolak pisang dengan lengkap. Dari awal hingga akhir untuk anda praktekkan di rumah.

Bahan:

10 buah pisang raja atau pisang kepok yang telah dikupas, potong serong
2 buah singkong
2 buah nangka
350 gram ubi kuning
150 ml Santan kelapa
1 liter air 6 sdm gula pasir
6 sdm gula merah
2 lembar daun pandan
1/4 sdt vanili
Santan siap saji
Garam secukupnya, sebagai penyedap agar kolak terasa gurih

Cara Masak:

1. Rebus air bersama singkong dan ubi kuning hingga dua-duanya lunak.

2. Masukkan santan, gula pasir, gula merah, garam, vanili, dan daun pandan. Gunakan api kecil, lalu aduk perlahan agar ubi tidak hancur.

3. Setelah itu, masukkan potongan pisang dan nangka. Masak hingga pisang empuk.

4. Matikan api. Sajikan kolak pisang buatan Anda di mangkuk yang telah disiapkan. Kemudian sajikan saat buka puasa hari ini.

Manfaat kolak Pisang Saat Buka Puasa

Kolak pisang ternyata juga termasuk dalam makanan yang paling dicari saat berbuka puasa. bukan hanya mudah untuk dibuat, kolak pisang yang enak ini juga dapat menghilangkan dahaga sekaligus juga mengenyangkan setelah kita berpuasa seharian. Disamping itu, kolak pisang ternyata mempunyai cukup banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat kesehatan kolak pisang ini?

Pakar kesehatan menyebutkan kolak pisang mempunyai berbagai macam nutrisi seperti lemak, karbohidrat, kalium, kalsium, mineral, dan juga protein.Disamping itu, kolak juga kaya akan kandungan asam folat yang bisa membantu perkembangan janin bagi ibu yang sedang hamil.

Di dalam satu porsi kolak pisang, 800 hingga 1.000 kalori sudah bisa kita peroleh. Karena alasan inilah kolak pisang dapat cepat membuat kita kenyang ketika berbuka. Hanya saja, karena tingginya kadar kalori yang ada di dalam kolak pisang, ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here