Cara Memasak Pepes Tahu Nikmat Praktis Bikinnya

0
53
Begini Cara Memasak Pepes Tahu
Cara Memasak Pepes Tahu

Ceritatentang.com, Kita pasti sudah sering mendengar resep pepes dengan berbagai macam jenis. Memang di hampir semua daerah yang ada di Indonesia ini memiliki resep masakan pepes sendiri. Seperti misalnya pepes ayam, pepes udang, pepes ikan, pepes jamur dan salah satunya adalah pepes tahu. Kali ini kita akan bahas tentang cara memasak pepes tahu. Untuk anda yang suka dengan menu olahan tahu, maka ini bisa menjadi inspirasi menu anda hari ini.

Sebenarnya pepes tahu ini juga cocok untuk anda yang sedang menjalani diet kolesterol dan juga menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Pepes tahu ini juga cocok untuk teman makan nasi. Memiliki rasa yang lezat di tambah pula dengan bumbu berupa rempah- rempah khas Indonesia akan membuat setiap orang menjadi ketagihan untuk mencobanya kembali.

Cara Memasak Pepes Tahu Nikmat Praktis Bikinnya

Cara Memasak Pepes Tahu Pedas

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah Tahu kuning atau tahu putih ukuran kecil sebanyak 10 pcs. Hancurkan tahu sampai halus (bisa menggunakan tangan atau alat lainnya).
  2. Cuci bersih daun kemangi secukupnya. Lalu dicincang halus. Jika anda tak suka dengan aromanya bisa juga tidak pakai daun kemangi.
  3. Bawang putih sebanyak 2 siung dengan ukuran sedang. Kupas kulitnya dan iris tipis tipis supaya mudah dihaluskan.
  4. 2-3 pcs cabai merah ukuran sedang saja atau bisa sesuai selera anda.
  5. Bawang merah 1 pcs ukuran sedang besar. Agar mudah untuk dihaluskan diiris tipis dulu.
  6. Sedikit ketumbar bubuk (kurang lebih hanya butuh sekitar setengah sendok kecil).
  7. Penyedap rasa sedikit saja kalau suka.
  8. Merica sedikit saja tergantung selera dan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  9. Telur ayam ukuran besar sebanyak 1 butir.
  10. Jangan lupa gunakan garam dapur beryodium sebanyak kurang lebih satu sendok kecil.
  11. Untuk membungkus pepes tahu menggunakan daun pisang kurang lebih sebanyak 4 lembar. Potong potong sesuai dengan ukuran bungkus yang diinginkan. Lap dan bersihkan dahulu sebelum digunakan.
  12. Tusuk lidi untuk membungkus daun pisangnya secukupnya.
  13. Air secukupnya.

Cara Membuat Pepes Tahu dengan Daun Kemangi

  1. Pertama tama yang anda lakukan adalah haluskan dan remas remas tahu hingga tahu halus.
  2. Kemudian bawang merah dihaluskan bersama dengan bawang putih, cabai, merica, daun kemangi dan campur dengan bumbu yang lain. Aduk aduk terus sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
  3. Telur ayam dipecahkan dan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan dimasukkan ke dalamnya. Aduk adonan hingga semua bumbu tercampur rata dengan telur ayamnya.
  4. Adonan bumbu halus dan telur ayam tadi dimasukkan ke dalam wadah tahu yang dihaluskan tadi. Aduk aduk kembali hingga semua bahan rata tercampurnya.
  5. Adonan pepes tahu diatas diambil secukupnya dan bungkus menggunakan daun pisang yang tadi sudah dibersihkan. Semat dengan lidi. Ulangi hingga semua bahan terbungkus.
  6. Untuk merebus, anda siapkan panci dan beri air secukupnya. Kemudian beri tempat kukusan diatasnya.
  7. Lalu masukkan satu persatu bungkusan pepes tahu dan letakkan di atas kukusan. Kukus bungkusan pepes tadi sampai matang (kira kira ini butuh waktu kurang lebih  30-40 menit).

Sebenarnya pepes tahu di atas sudah matang dan bisa  dihidangkan untuk disantap. Tapi jika mau, pepes tahu dapat di bakar sebentar hingga daun pisang agak kehitaman agar aroma nya lebih sedap. Kalian bisa juga menambahkan bahan lain agar hasilnya lebih lezat. Seperti udang, ikan tongkol, potongan daging ayam yang sudah dipotong kecil kecil, ikan kembung, pepes tahu ikan teri dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here