Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Untuk Membentuk Kepribadiannya

0
70
Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Untuk Membentuk Kepribadiannya

Saat anda menerapkan cara mendidik anak usia 3 tahun, tentunya berbeda dengan cara mendidik anak yang masih berada dalam usia sebelumnya. Karena pada usia 3 tahun anak telah lebih responsif juga memiliki otonomi pada diri mereka sendiri. oleh sebab itu, pada masa inilah anak sudah harus mulai diajarkan untuk bisa mandiri.

ketika anak memasuki usia 3 tahun, biasanya terdapat perubahan perilaku yang terjadi pada anak. Seperti anak yang menjadi susah tidur, egois, keras kepala, mudah marah dan lain sebagainya. Tentunya ini menjadi sangat wajar sebab saat anak berada di usia ini sudah mulai mengembangkan keinginan yang ada di dalam dirinya. Dan kadang keinginan tersebut tak sesuai dengan yang diharapkan orang tua.

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Untuk Membentuk Kepribadiannya

Panduan Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Dengan Benar

Mengapa diperlukan cara mendidik anak usia 3 tahun? Sebab usia 3 tahun ini adalah masa yang tepat untuk mulai menanamkan nilai moral pada anak dan juga memberikan wawasan baru. Dalam tahap ini anak bisa mulai diajak berfikir bahwa tak semua yang diinginkannya bisa terpenuhi. Dassar- dasar kedisiplinan juga hendaknya mulai ditanamkan. Sehingga saat beranjak dewasa, kedisiplinan bukan menjadi suatu paksaan tapi sudah menjadi kebiasaan.

Oleh sebab itu orang tua harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai cara mendidik anak usia 3 tahun yang bisa membentuk kepribadiannya menjadi baik.

1. Libatkan anak untuk membantu pekerjaan sederhana

Pada usia 3 tahun, sebaiknya libatkan anak untuk membantu pekerjaan sederhana agar si kecil mulai belajar bertanggung jawab. Pekerjaan sederhana tersebut antara lain menyuruh anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Membereskan mainannya setelah selesai bermain. Menempatkan piring yang kotor di tempat cucian atau anak juga bisa menaruh semua pakaian kotornya ke keranjang. Arahkan supaya pekerjaannya bisa dikerjakan dengan benar. Jangan langsung memberikan pekerjaan sulit kepada anak sebab hal ini bisa membuatnya frustasi.

2. Ajari anak tentang Ilmu Agama

Pada dasarnya setiap agama mengajari setiap hal mendasar sebuah kehidupan. Lagu-lagu rohani atau lantunan bacaan ayat-ayat suci bisa orang tua perdengarkan pada anak. Ini bisa menstimulasi bagian otaknya. Meski anak belum sepenuhnya bisa mengerti namun ini bisa menjadi langkah awal anak dalam mengenal penciptanya. Sehingga saat anak untuk tumbuh dewasa nanti bisa menjadi bekal tanpa kehilangan sisi keruhaniannya. Ini merupakan salah satu cara mendidik anak usia dini di rumah agar anak tumbuh maksimal.

3. Ajarkan untuk bersosialisasi

Ajak anak untuk keluar rumah pada acara-acara yang banyak melibatkan orang di sekitar kita. Seperti saat acara resepsi atau hajatan, arisan, lomba-lomba, dan lain sebagainya. Dengan cara ini maka anak mulai dapat memahami bahwa terdapat orang lain di luar keluarganya, sehingga dia tidak takut/phobia ketika bertemu dengan orang lain. Selain itu biarkan anak untuk bermain dengan teman sebayanya, tentunya dengan pengawasan yang intensif.

4. Berikan pemahaman tentang nilai moral yang baik

Mulailah tanamkan kepada anak tentang nilai moral yang baik, misalnya indahnya berbagi dengan sesama, berbuat baik kepada teman, mulai mengenalkan dia kepada Tuhan, mengajaknya untuk beribadah bersama, mengajarinya berdoa, minta maaf ketika salah, berterimakasih ketika dikasih sesuatu, dll. Itu semua bisa dijadikan sebuah kebiasaan yang positif untuk anak.

Itulah beberapa cara mendidik anak usia 3 tahun yang bisa anda terapkan kepada putra putri anda. Dengan begitu maka kepribadian yang baik akan tertanam pada anak anda sejak dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here