Cara Mengajar Anak TK yang Mudah dan Menyenangkan

0
252
Cara Mengajar Anak TK yang Mudah dan Menyenangkan

Ceritatentang.com, TK merupakan jenjang pendidikan dimana anak- anak akan diajarkan untuk bisa membaca, berhitung dan menulis. Ini menjadi pondasi untuk anak usia dini supaya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. cara mengajar anak TK sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan dengan cara yang menyenangkan. Sebab seperti yang kita tahu bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain.

Kita bisa menerapkan program belajar sambil bermain untuk anak TK. Cara mengajar anak TK dengan metode ini dinilai ampuh untuk menyisipkan pelajaran berharga lewat berbagai permainan edukatif yang bisa membantu anak dalam belajar. Sehingga mereka tidak merasa bosan dan jenuh saat mengikuti sekolah TK.

Cara Mengajar Anak TK yang Mudah dan Menyenangkan

Panduan Dalam Cara Mengajar Anak TK

Tenaga pendidik yang baik yaitu mereka yang mampu menyampaikan informasi yang berkualitas menggunakan cara yang mudah dan tepat. Sebab pada usia TK ini merupakan usia emas, setiap informasi yang diperolehnya akan ia tanam dalam otaknya sampai ia dewasa. Ia akan mudah mengingat apa yang disampaikan oleh gurunya.

Berikut ini adalah cara mengajar anak TK dengan metode yang menyenangkan:

1. Menggabungkan Musik dalam Pembelajaran

Anak usia TK pasti menyukai musik, mereka sangat senang jika bernyanyi. Manfaatkanlah kondisi ini dengan mengajarkan berbagai hal seperti abjad, nama hari, nama bulan, nama hewan, dengan cara dinyanyikan. Dengan bernyanyi akan dapat menambah rasa semangat pada anak tersebut. Menggabungkan musik dalam kegiatan pembelajaran merupakan cara mengajar anak TK yang efektif, selain membuat siswa senang juga dapat membantu meningkatkan anak.

2. Memberikan Waktu Luang Bagi Anak untuk Bebas Bermain

Anak usia TK pasti masih sangat senang bermain, jadi berilah anak waktu bebas untuk bermain. Biarkan ia memainkan segala macam permainan yang ada di sekolah, permainan yang ia sukai. Memberikan waktu istirahat akan membuat anak menjadi rileks kembali sampai ia siap umtuk menerima pelajaran selanjutnya.

3. Latih Ketrampilan Anak

Cara mendidik anak TK bisa dilakukan dengan melatih keterampilan seperti menyanyi, menggunting kertas, menulis, menggambar, mewarnai, membaca, melipat kertas, dan olahraga. Hal ini sangat berguna bagi anak untuk mengetahui bakat yang dimilikinya. Setiap anak terlahir dengan potensi yang ada dalam dirinya, dan pootensi itulah yang harus dikembangkan.

4. Pemberian Pendidikan Agama

Bagi anak TK, pendidikan agam itu sangat penting perannya dalam menentukan akhlak serta perilaku anak. Karena anak usia TK biasanya lebih cepat menyerap informasi. Misalnya sebelum mulai belajar berdoa bersama–sama terlebih dahulu dan membaca doa sehari–hari maupun surat–surat pendek. Dengan membaca bersama anak akan lebih semangat. Selain itu anak juga diajarkan cara menghormati orang yang lebih tua, menghargai dan menyayangi orang lain.

5. Rekreasi dan Kunjungan

Jangankan anak–anak, orang dewasa saja sangat senang apabila akan melakukan rekreasi, apalagi anak seusia TK dong? Anak TK sangat senang sekali jika kita ingin melaksanakan rekreasi atau melaksanakan kunjungan diluar kelas. Tetapi tempat rekreasi juga harus dipilih dengan tepat supaya anak tetap bisa belajar walaupun diluar kelas.

6. Meramaikan Hari- Hari Besar

Dengan meramaikan hari hari besar anak tidak hanya terlihat senang dan semangat, tetapi mereka tetap mendapat pengetahuan. Seperti memeriahkan hari kemerdakaan Indonesia 17 Agustus dengan membuat perlombaan di sekolah. Bukan cuma berlomba tetapi ia jadi tahu hari kemerdekaan bangsa Indonesia ini. Selain itu meramaikan hari kartini dengan pawai dilingkungan sekitar sekolah, dan lainnya masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here