Cara Mengajari Anak Menulis Dengan Baik dan Rapi

0
38
Cara Mengajari Anak Menulis Dengan Benar
Cara Mengajari Anak Menulis

Ceritatentang.com, Sudah menjadi tugas orang tua untuk mengajari anak menulis. Bukan hanya menjadi tugas guru di sekolah saja. Kita bisa lihat bahwa anak yang memiliki hobi menulis merupakan salah satu tanda bahwa ia sudah matang dalam hal literasi. Menulis mempunyai banyak manfaat bagi anak. Ia bisa bebas berekspresi lewat tulisan. lantas bagaimana cara mengajari anak menulis dengan baik?

Cara mengajari anak menulis cepat dan rapi memang sudah harus dibiasakan sejak dini. Supayaanak bisa semakin terbiasa. Jika tidak dibiasakan, maka anak nanti akan malas menulis kalau sudah besar. Padahal menulis itu sangat erat kaitannya dengan perkembangan zaman sekarang ini. Rasanya di zaman ini tulisan itu sangat menentukan. Oleh karena itu, mari cari tahu cara mengajari anak menulis dengan rapi dan benar.

Cara Mengajari Anak Menulis Dengan Baik dan Rapi

Panduan Cara Mengajari Anak Menulis

Kesabaran sangat dibutuhkan dalam mengajari anak menulis. Sebab berusaha untuk si anak menjadi pandai menulis, kalau bisa ini bisa menjadi kebiasaan untuknya. Dan juga, jangan melatih anak menulis itu menjadi terkesan memaksa. Karena anak memang tidak suka yang namanya dipaksa.

1. Memulai berlatih memegang pensil

Pertama dimulai dari berlatih memegang pensil. Ajari anak bagaimana cara memegang pensil dengan benar. Jangan sampai si anak salah memegang pensil. Karena nantinya itu akan menentukan tulisan si anak.

Awalnya si anak pasti merasa tidak nyaman saat memegang pensil, hal ini memang wajar. Mungkin si anak akan memegang pensil secara tidak lazim. Inilah peran Anda mengajari memegang pensil secara baik dan benar.

2. Menulis sesuai garis kertas

Berikan kertas yang bergaris untuk menulis sang anak. Untuk tulisan yang biasa ada dua garis yang berurutan sebagai tanda memulai menulis huruf besar ataupun huruf kecil. Lalu mengajari anak agar bisa mengetahui dimana titik menulis huruf besar juga huruf kecil. Setelah anak paham ajari untuk menulis dengan huruf sejajar. Bila ada huruf miring atau tidak rata maka Anda dapat meminta anak untuk menghapus dan mengulanginya lagi.

3. Mulai Menulis Satu Huruf Dulu

Ketika anak belajar menulis, jangan langsung mengajari menulis satu kalimat. Pasti dia akan bingung. Bukan bingung lagi, bahkan anak bisa lari karena dia menganggap menulis itu susah.

Cobalah menulis satu huruf lebih dahulu. Dari huruf “a” berkali-kali sampai tulisannya sudah benar. Setelah huruf “a” lalu huruf “b”, dan seterusnya. Pelan-pelan dalam berlatih huruf tersebut. Minimal satu huruf dua hari. Jangan sampai satu hari sampai empat huruf. Jangan terburu-buru mengajari anak, sebab itu sangat tidak baik.

4. Mengajari penuh dengan kesabaran dan pelan

Bila langsung meminta anak  menulis dengan rapi maka itu semua akan sulit dilakukan. Biasanya anak perlu mengulang latihan beberapa kali sampai mendapatkan bentuk tulisan yang sempurna. Saat anak harus selalu menghapus tulisan mereka cobalah untuk bersabar. Mintalah sang anak bersabar atau istirahat. Jadi tangan mereka tidak terlalu lelah. Saat anak sudah punya niat untuk belajar kembali, maka Anda dapat mendukungnya.

Itulah beberapa cara mengajari anak menulis dengan rapi dan benar. Jadi itu semua bisa anda terapkan kepada anak anda yang sedang berklajar menulis. Ingat, semuanya perlu proses bertahap dan tentunya perlu kesabaran yang tinggi.

Semoga informasi yang kami bagikan kepada anda semua ini bisa memberikan manfaat. Juga bisa memberikan inspirasi bagaimana anda melatih anak anda untuk belajar menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here