Cara Mengatasi Anak Nakal dan Susah Untuk Diatur

0
72
Tips dan Cara Mengatasi Anak Nakal
Cara Mengatasi Anak Nakal

Ceritatentang.com, Apakah mungkin anak anda termasuk anak yang nakal? susah diatur, dan bandel? Mungkin anda akan merasa kewalahan untuk mengurusnya. Tapi tenang, dalam artikel kali ini kami akan bagikan cara mengatasi anak nakal dan susah diatur dengan efektif dan tepat.

Mendidik anak yang bandel dan nakal untuk menjadi anak yang patuh dan penurut itu memang tak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Perlu kesabaran yang ekstra dan juga kerja keras untuk terus mengajarkan serta mendidik mereka menjadi seseorang yang penurut dan juga patuh terhadap semua perintah. Saat hal ini terjadi cara mengatasi anak nakal menang sangat diperlukan. Sehingga kita bisa mendidik anak menjadi pribadi yang lebih baik.

Cara Mengatasi Anak Nakal Menjadi Penurut

Lalu bagaimanakah cara mengatasi anak nakal dengan tepat? Untuk cara yang benar dan tepat dalam mengatasi kenakalan anak tentulah yang paling utama yaitu dengan tidak menggunakan kekerasan. Akan tetapi menggunakan pendekatan yang lebih lembut. Simak saja penjelasannya dibawah ini secara lengkap.

1. Tunjukan Sikap yang Lembut

Ketika anak berbuat kesalahan dan hal tersebut dilakukan di tempat umum, pasti rasanya Anda sebagai orang tua sangat dan ingin segera memarahi anak. Sebenarnya cara mendidik anak  dengan memarahinya tidak boleh dilakukan. Akan lebih baik jika orang tua menunjukan sikap lemah lembut dan memaafkannya. Coba tanyakan kepada mereka mengapa ia membuat kesalahan, anak berbuat kesalahan bukanlah karena keinginannya sendiri, tetapi terkadang terjadi karena ketidaksengajaan.

2. Buatlah peraturan yang khusus untuk anak.

Tentu saja ini sebelumnya telah dibicarakan dengan anak-anak anda. Dalam aturan yang telah ditetapkan harus ada konskuensi agar anak bisa berusaha untuk menghindari perbuatan nakal. Semakin anda sabar maka anak-anak juga semakin mudah untuk dikendalikan oleh anda. Jangan lupa untuk selalu memberlakukan peraturan yang sudah anda buat supaya anak anda mengingat batasannya. Disamping itu, anda sebaiknya selalu memberikan penghargaan ketika sang anak melakukan hal yang baik, seperti dengan cara memberi pujian.

3. Tidak Memberikan Predikat “Nakal” Pada Anak

Sewaktu anda sering mendapati anak anda sulit sekali diatur dan seringkali rewel sewaktu diberikan nasihat dan pengertian, maka jangan terburu-buru memberikan mereka predikat ‘anak nakal’, ‘anak bandel’ dan lain sebagainya. Apakah anda tahu bahawa dengan memberi predikat nakal pada anak akan membuat tidak percaya diri terhadap lingkungannya.

Daripada menghakimi mereka, ada baiknya jika sewaktu anak melakukan kesalahan segera dekati anak anda dan pegang pundaknya lalu berikan mereka pengertian untuk tidak melakukan kesalahan tersebut sebab itu adalah perbuatan yang tidak terpuji.

4. Berilah Contoh yang Baik Pada Anak

Saat anaka masih dalam tahap pertumbuhan bisa mudah menyerap apa saja yang orang lain lakukan saat disekitarnya. Jika Anda ingin anak bisa bersikap baik, jangan lupa agar selalu memberikan contoh yang baik ketika berada disekitar anak. Sebaiknya orang tua juga menjauhkan anak dari hal yang mempunyai dampak buruk terhadap perkembangannya, misalnya dengan acara tv kekerasan, teman yang nakal, dan lainnya.

5. Buat Aturan dengan Sanksi dan Reward yang Jelas

Dalam cara mengatasi anak nakal dan susah diatur, langkah efektif yang bisa Anda ambil adalah dengan membuat sebuah aturan yang tegas dengan sanksi dan reward dan jelas. Sanksi berguna agar mereka menjauhi perbuatan tersebut, sementara reward (hadiah) difungsikan agar memberikan semangat kepada anak untuk bersikap lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here