Cara Merawat Rambut agar Tetap Sehat dan Berkilau

0
11
cara merawat rambut
Cara Merawat Rambut agar Tetap Sehat dan Berkilau

ceritatentang.com, Rambut merupakan wanita berharga bagi kaum hawa, namun cara merawat rambut merupakan hal yang susah-susah gampang. Memiliki rambut subur, kuat dan berkilau jadi impian semua wanita maupun pria. Setiap orang memiliki kondisi kepala yang berbeda dan masalah yang berbeda-beda pula. Rambut rontok, berketombe, berminyak, lepek dan patah-patah.

Banyak yang mengira, menjaga kekuatan rambut harus menggunakan produk-produk mahal atau ke salon. Namun ternyata, yang paling penting dari perawatan rambut adalah memerhatikan kebiasaan yang selama ini dilakukan.

Berikut cara merawat rambut agar tetap sehat dan kuat :

1. Menggunakan Shampo yang Cocok

Berbagai jenis rambut mulai dari berminyak, kering dan normal. Dalam menggunakan shampo pastikan mencari produk yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan. Selain itu, carilah produk yang tidak menggunakan zat berbahaya untuk helaian rambut Anda, seperti ammonium lauryl sulfat atau natrium/sodium lauryl sulfat. Kalian juga bisa bereksperimen terkait seberapa sering untuk keramas karena tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

2. Gunakan Kondisioner

Aplikasikan kondisioner pada rambut setelah keramas sebagai salah satu perawatan. Perawatan rambut tersebut membuat rambut menjadi lebih lembut, bersinar, dan mudah disisir. Guanakanlah produk kondisioner yang satu merek dengan sampo, atau malah dapat berbeda, tergantung pada kecocokan.

3. Gunakan Minyak Rambut

Anda bisa menggunakan minyak rambut untuk melakukan rangkaian perawatan rambut. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kemiri, minyak urang-aring dan minyak argan.

4. Potong Rambut secara Rutin

Memotong rambut adalah cara merawat rambut yang perlu diperhatikan. Waktu yang disarankan yakni setiap 10-12 minggu. Memotong rambut secara berkala dapat merawat rambut dan mencegah rambut bercabang.

5. Gunakan Masker Rambut

Rutin menggunakan masker rambut dapat memperkaya nutrisi dan menjaga kelembapan kulit kepala. Kamu bisa membuat masker sendiri dirumah untuk perawatan rambut alami dengan menggunakan bahan-bahan seperti lidah buaya, madu hingga pisang. Rambut berminyak dan rambut kering membutuhkan jenis masker yang berbeda.

6.  Hindari Sinar Matahari

Sinar matahari dan polusi dapat merusak rambut kering serta bercabang atau pecah-pecah. Saat berada di luar, gunakan pelindung kepala seperti topi atau coba gaya rambut ikat agar tak terpampang sinar matahari secara langsung. Anda juga bisa mengaplikasikan sunscreen khusus rambut untuk melindunginya dari sinar matahari. 

Itulah beberapa rangkaian cara merawat rambut yang bisa kamu aplikasikan untuk mendapatkan rambut sehat. Selain itu kamu juga bisa merawat rambutmu dengan hal-hal kecil seperti menyisir secara benar, tidak mengikat rambut terlalu kencang, tidak keramas menggunakan air terlalu dingin atau terlalu panas, batasi penggunaan catok atau pengering rambut dan perhatikan nutrisi rambut dengan mengonsumsi makanan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here