Cara Unik Rayakan HUT-RI di Berbagai Daerah. Seru Banget !

0
42
cara unik rayakan HUT RI
cara unik rayakan HUT RI

Ceritatentang.com, Indonesia sebentar lagi akan memasuki usia ke 74 tahun sebagai negara yang merdeka. Setiap tanggal 17 Agustus seluruh rakyat Indonesia merayakannya dengan berbagai macam cara, dari yang umum seperti lomba-lomba, pentas kesenian, diskon, dan lain sebagainya.

Cara unik rayakan HUT-RI di setiap daerah pun bermacam-macam. Lomba-lomba tradisional nan legendaris seperti bapal karung, panjant pinang, lomba membawa kelereng, lomba lari, dan lomba-lomba seru semasa kecil. Beberapa daerah di Indonesia ini memiliki tradisi unik yang layak menjadi salah satu destinasi wisata ketika perayaan kemerdekaan.

Berikut adalah perayaan hari kemerdekaan unik yang ada di berbagai daerah di Indonesia:

Lari Obor Estafet – Semarang

Di Semarang, terdapat aktivitas perayaan kemerdekaan yaitu lari obor estafet. Tradisi tahunan yang telah menjadi salah satu kota yang dianggap semarak dalam penyambut perayaan kemerdekaan. Arti dari tradisi lari estafet obor ini menurut masyarakat setempat kegiatan ini dipercaya sebagai simbol semangat yang berapi-api atau semangat yang sangat tinggi dari para pahlwan ketika memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Perayaan ini diselenggarakan pada malam hari dan menjadi salah satu daya tarik warga sehingga menjadi tontonan, selain itu warga yang menonton juga memberikan dukungan semangat untuk para pelari.

Lomba Dayung – Banjarmasin

Selanjutnya ada lomba dayung di kota Banjarmasin yang dikenal dengan sungai dan sampan yang menjadi transportasi tradisional masyarakatnya. Tak heran jika ada perlombaan dayung karena mendayung merupaka salah satu tradisi. Setiap memperingati hari kemerdekaan Indonesia, lomba mendayung menjadi salah satu yang diminati, lomba dengan jarak dayung 500 meter ini diselenggarakan di Sungai Martapura. Peserta yang mengikuti acara ini pun tidak hanya masyarakat dari kota Banjarmasin saja tapi juga dari berbagai daerah yang ada di Kalimantan Selatan dan bakal memperebutkan piala bergilir tingkat Gubernur.

Parasean – Lombok

Ada perayaan kemerdekaan unik di Lombok. Parasean merupakan permainan tradisional khas dari Nusa Tenggara Barat, ini merupakan pertarungan dua orang laki-laki dengan menggunakan rotan dan perisai. Permainan ini awalnya diselenggarakan dalam rangka mempromosikan wisata Lombok, namun seiring berjalannya waktu permainan ini dianggap seru sehingga selalu diadakap setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia.

Pacu Kude – Aceh

Salah satu cara unik rayakan HUT RI dari Aceh Tengah.

Tradisi yang berasal dari Aceh Tengah ini merupakan lomba balap kuda. Pacuan kuda ini terbilang unik dan beda dari pacuan kuda pada umumnya yaitu setiap joki atau pengerdara kuda tidak ada yang memakai pelana dan pesertanya berusia 12 sampai 20 tahun saja. Ratusan penonton pun selalu mengantri dan memenuhi area untuk menyaksikan pacuan kuda ini. Tradisi ini juga sering digunakan sebagai salah satu bentuk perayaan kemerdekaan Indonesia.

Upacara Prajurit Keraton – Yogyakarta

Sering kali kita lihat paskibraka pada saat upacara bendera 17 Agustus di Istana, dengan pakaian serba putih dan peci hitam. Namun, ada tradisi unik di Yogyakarta yang masih dilestarikan hingga kini yaitu prajurit Keraton yang menjadi petugas upacara bendera peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Pemandangan yang sangat istimewa ketika wisatawan berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Pakaian yang dikenakan oleh prajurit sangat unik, kental dengan adat Jawa yang khas.

Sepak Bola Sarung – Makassar

Kota asal wakil presiden RI Jusuf Kalla memiliki acara unik yang biasa dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Namanya Sepak Bola Sarung, dari namanya saja diketahui bahwa setiap pemain diwajibkan untuk mengenakan sarung ketika bertanding bola sepak. Kegiatan ini menjadi momen yang menghibur sekaligus dapat menjalin kebersamaan masyarakatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here