Film Drama 27 Steps of May Siap Dirilis Bulan Depan

0
86
Film drama 27 Steps of May
Film drama 27 Steps of May (istimewa)

Ceritatentang.com – 27 Steps of May, film drama teranyar yang diperankan Raihaanun, Lukman Sardi, dan Ario Bayu, siap diluncurkan di bioskop Indonesia bulan depan. Sebelumnya, film garapan sutradara Ravi Bharwani ini sudah ditayangkan di sejumlah festival film internasional serta menyabet penghargaan film terbaik dari Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2018.

Produser Wilza Lubis dari Green Glow Pictures sudah meyakinkan jadwal rilisnya di bioskop, yakni 27 April 2019. Ini ialah momentum sepekan sesudah hari pengambilan suara Pemilu 2019, sepekan sebelum perilisan film Avengers: Endgame (Walt Disney), serta bertepatan dengan momentum Women’s March Jakarta 2019.

“Pemilihan tanggal ini sarat dengan pertimbangan karena nyaris bersamaan dengan rilisnya film superhero Hollywood dan Pemilu 2019,” beber Wilza.

27 Steps of May diproduksi oleh Wilza bareng Ravi serta pengarang naskah Rayya Makarim. Go-Studio (Go-Jek) bergabung sebagai teman produksi. Kisahnya, yang diinspirasi dari peristiwa Mei 1998, mengusung isu trauma wanita korban kekerasan seksual.

Film ini berpusat pada cerita May (Raihaanun), wanita muda yang menjadi korban perkosaan oleh sekelompok orang tak dikenal saat usianya 14 tahun. Akibat trauma mendalam, telah delapan tahun May unik diri sepenuhnya dari kehidupan biasa serta hidup tanpa koneksi, emosi, dan kata-kata.

Bapaknya (Lukman Sardi) paling terpukul dan menyalahkan dirinya sendiri sebab tidak dapat menjaga putrinya. Di rumah, bapak ialah seorang lembut yang siap mengorbankan segala untuk kenyamanan dan perlindungan anaknya. Namun di luar rumah, bapak mengalirkan segala emosinya di ring tinju.

Produser dan pengarang naskah Rayya menyebut cerita May paling universal dan dapat dialami siapa saja.

“Siapa saja dapat menjadi korban kekerasan seksual,” ungkap Rayya.

“Kami merasa beruntung film ini dapat kami rilis ke pemirsa Indonesia pada masa-masa yang tepat – ketika isu kekerasan seksual sedang kencang-kencangnya. Terlebih, film ini akan rilis di bioskop bertepatan dengan Women’s March Jakarta, yang pun mempunyai isu kekerasan seksual,” tambahnya.

Proses pengerjaan film drama ini, mulai dari riset sampai tahap akhir pasca-produksi, memakan waktu lumayan panjang sampai lima tahun. Berdasarkan keterangan dari sutradara dan produser Ravi, film drama ini minim dialog serta punya perhatian eksklusif pada unsur visual yang rinci dan rapi.

“Hal tersebut membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan pasti waktu. Manajemen masa-masa ini yang menjadi tantangan sangat berat. Bersyukur, saya didukung oleh kesebelasan yang solid sehingga dapat terlaksana dengan baik,” ungkap Ravi.

Film drama 27 Steps of May ditayangkan perdana di Busan International Film Festival pada Oktober 2018. Berikutnya menyusul tayang di Cape Town International Film Market & Festival, Goteborg Film Festival, Bengaluru International Film Festival, Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), serta Plaza Indonesia Film Festival. Dari JAFF 2018, film ini meraih penghargaan film panjang terbaik Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here