Gaya Hidup Sehat Akan Meningkatkan Trombosit

0
45
Ceritatentang.com, gaya hidup sehat meningkatkan trombosit
Gaya hidup sehat untuk tingkatkan trombosit

Ceritatentang.com, Menjalani gaya hidup sehat dan mengatur pola makan adalah beberapa hal yang mampu meningkatkan trombosit kita dalam tubuh. Trombosit sendiri merupakan keeping sel yang mengalir dan membuat mekanisme tubuh menghentikan pendarahan jika ada luka di tubuh.

Cara kerja sel trombosit ini ialah dengan menutupi pembuluh darah yang luka dengan membentuk benang fibrin sehingga lama-kelamaan luka akan tertutup.

Pada beberapa kasus manusia mengalami penurunan trombosit atau kekurangan trombosit sehingga luka di tubuhnya sulit untuk tertutup. Akibat dari kurangnya trombosit ini adalah mengalami penyakit seperti tifus, memar, pendarahan di hidung, gusi, dan lambung, demam berdarah, anemia, leukimia, dan banyak lagi.

Beberapa orang telat menyadari jika dirinya kekurangan trombosit. Ciri yang paling mudah terlihat adalah ketika terluka kecil atau besar, penutupan luka terjadi dalam waktu yang relatif lebih lama.

Gejala paling umum ketika trombosit rendah adalah terkena penyakit tipes ataupun demam berdarah. Hal ini membuat menaikan trombosit menjadi penting. Dan hal ini penting untuk diketahui.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan trombosit secara alami. Pertama bisa dilakukan adalah menjaga pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur. Konsumsi buah dan sayur yang setiap harinya dipercaya dapat meningkatkan trombosit.

Selain itu hindari makanan tidak sehat seperti makanan olahan yang berminyak, gula halus, berkafein, dan beralkohol. Makanan tersebut dipercaya dapat menurunkan trombosit oleh sumsung tulang.

Ketika trombosit turun, satu yang berpengaruh penting adalah vitamin B12 dan asam folat. Makanan yang kaya akan vitamin B12 ada berbagai olahan contohnya telur, susu, keju, hati ayam, daging kambing, dan masih banyak lagi. Sementara makanan kaya akan asam folat seperti bayam, jeruk, kacang adalah salah satunya. Makanan yang mengadung asam lemak omega-3 juga dibutuhkan. Beberapa jenis telur dan ikan serta minyak ikan mengadung asam lemak omega-3 yang bisa digunakan.

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, asupan vitamin C dalam jeruk dan buah lainnya juga dapat meningkatkan trombosit secara alami. Kemudian ketika asupan makanan bergizi sudah dimasukan, jangan lupa tingkatkan minum air mineral karena nutrisi dari makanan yang masuk perlu diserap oleh tubuh dengan baik.

Gaya hidup sehat diperlukan dalam menjaga tubuh tetap prima. Tidak kekurangan trombosit salah satunya membantu tubuh berfungsi secara normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here