Hits dan Menyehatkan ini 5 Best Time To Drink Green Tea

0
12
Best Time to Drink Green Tea
Hits dan Menyehatkan ini 5 Best Time To Drink Green Tea

Ceritatentang.com, Best time to drink green tea jadi artikel viral yang banyak dicari warganet. Yap, green tea atau the hijau memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Hal itu sudah jadi rahasia umum lho guys. Namun tahukan kamu bahwa meminum secangkir the di waktu-waktu yang tepat dapat memberikan manfaat lebih pada tubuh.

Teh hijau terbuat dari Camellia Sinensis, tanaman yang kaya akan antioksidan, kafein, dan asam amino. The ini juga mengandung beberapa vitamin, mineral dan serat. Antioksidan terpenting dalam teh hijau adalah katekin yang disebut EGCg, dalam jumlah besar hanya tersedia dalam teh hijau. Tidak seperti teh hitam atau oolong, teh hijau tidak teroksidasi.

Jika kamu termasuk penikmat setia teh, kapan pun akan menjadi waktu yang tepat untuk secangkir teh favoritmu. Tetapi, jika kamu ingin memaksimalkan manfaatnya atau memastikan dapat tertidur bahkan setelah meminum teh berkafein favoritmu, beberapa kali dan beberapa teh hijau mungkin lebih baik daripada yang lain. Jadi, kapan ya waktu terbaik untuk minum teh hijau?

1. Pagi atau Malam Hari

Pagi hari jadi best time to drink green tea, mengapa? Karena kafein memberimu energi yang baik. Tidak seperti kopi, teh mengandung asam amino L-theanine, yang mencegah serbuan kafein dan memberi energi berkelanjutan selama beberapa jam. Dengan kata lain, teh hijau tidak menimbulkan kantuk.

Selain di pagi hari, kamu juga bisa minum teh hijau di malam hari. Beberapa teh hijau mungkin memiliki lebih banyak kafein daripada teh hitam, jadi teh hijau malam terbaik adalah yang daunnya sudah tua atau dipanggang, seperti kyobancha, hojicha atau kukicha dengan sedikit bagian daun yang tercampur.

2. Sebelum Berolahraga

Jika alasan minum teh hijau untuk menurunkan berat badan, maka waktu terbaik untuk minum satu atau dua cangkir adalah sebelum berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa EGCG yang dikombinasikan dengan kafein, diminum 90 menit sebelum latihan secara signifikan meningkatkan laju oksidasi lemak selama latihan. Pilihlah teh hijau dengan jumlah EGCg yang lebih tinggi. Anda dapat meningkatkan suhu air dan waktu seduhan untuk mengekstrak lebih banyak kafein dan EGCg. Baik EGCg dan kafein bersifat pahit, jadi bersiaplah untuk secangkir teh hijau yang kurang menyenangkan karena tujuan Anda adalah memaksimalkan manfaat dan menggunakan teh hijau untuk menurunkan berat badan.

3. Sebelum Makan

Minumlah teh hijau saat perutmu kosong untuk mendapatkan hasil maksimal dari teh hijau. Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan pada waktu yang sama sambil minum teh dapat menghambat penyerapan EGCg. Di sisi lain, teh hijau dapat menghambat penyerapan zat besi. Namun, banyak sumber menyarankan minum teh hijau saat perut kosong tidak dianjurkan. Jika kamu memiliki masalah perut atau hati, maka pilihan terbaik adalah meminumnya dengan makan atau setelah makan tetapi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

4. Setelah Makan

Teh hijau dapat membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Meskipun tidak ada pedoman khusus kapan harus minum teh, waktu terbaik mungkin sebelum atau 30-60 menit setelah makan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, penelitian biasanya menyarankan 3-5 cangkir teh hijau per hari, tergantung pada jenis dan jumlah EGCg. Pelajari cara memilih teh dengan EGCg paling banyak.

5. Sesudah Berolahraga

Secangkir teh sebelum dan sesudah latihan memiliki manfaat tersendiri. Cangkir pra-latihan dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan dan fokus, sementara cangkir pasca-latihan akan menyegarkan dan mengisi kembali energy tubuhmu.

Nah gimana nih teman-teman? Jadi sudah tahukan bagaimana teh hijau punya manfaat lebih baik dari the hitam. Selain khasiatnya best time to drink green tea juga bisa dijadikan pertimbangan untuk mendapat khasiat yang lebih baik lagi lho. Para penikmat teh, yuk jangan lupa dicoba ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here