Ini Fakta Soal Halloween yang Perlu Diketahui

0
16
Halloween
Halloween menjadi perayaan disejunlah negara di dunia.

ceritatentang.com, Tanggal 31 Oktober menjadi hari yang dinanti-nanti oleh masyarakat dunia. Hari ‘trick or Treat’ ini menjadi hari yang menyenangkan karena mulai dari anak-anak hingga orang dewasa berkumpul merayakan pesta Hallwoeen dengan menggunakan pakaian-pakaian menyeramkan hingga kostum unik. Selain itu khususnya di Amerika Serikat sudah menjadi budaya wajib untuk merayakan malam Halloween dengan berkeliling mengenakan kostum-kostum seram dan unik serta mengumpulkan permen.

Sebenarnya, bagaimana ya awal munculnya perayaan Halloween?

Rupanya, munculnya perayaan Helloween ini melalui proses yang panjang, mulai dari perayaan pagan bangsa Keltik dan liburan gereja purba ini berubah menjadi perayaan yang dimanfaatkan anak-anaka kecil meminta permen dengan mengenakan kostum unik.

Di Amerika Serikat, tradisi Helloween ini mengalami evolusi yang cukup pesat. Berawal dari hari libur masa panen yang dibawa oleh para imigran dari Irlandia, lalu menjadi perayaan yang dilakukan anak-anak di masa Perang Dunia II, lalu orang dewasa pun mulai berpartisipasi dalam beberapa dekade terakhir.

Berikut adalah sejumlah fakta tentang Helloween yang perlu kalian tahu:

Awal Mula Halloween

Diketahui, perayaan Helloween ini dimulai dari bangsa Celtic dan menganggap tanggal 31 Oktober menjadi hari sakral karena menjadi hari pembatas antara dunia orang mati dan orang hidup terbuka. Pada hari ini dianggap banyak roh jahat yang berkeliaran dan mengganggu mereka. Roh-roh jahat itu kemudian mengancam memberikan kerugian bagi warga.

Guna menangkal gangguan jahat dan ancaman dari para roh tersebut maka bangsa Celtic memakai kostum menyeramkan dengan tujuan agar roh jahat mengira bahwa manusia yang mengenakan pakaian seram adalah teman mereka dan terhindar dari gangguan roh tersebut.

Apa itu Trick Or Treat?

Tradisi Trick or Threat saat Halloween.

Helloween pasti identik dengan kalimat ‘Trick or Threat’ yang biasa digunakan oleh anak-anak di Amerika Serikat dan berbagai belahan dunia lainnya untuk meminta permen pada tetangga yang didatangi.

Rupanya, kalimat ‘Trick ir Threat’ ini awalnya digunakan sebagai mantra yang dipercaya bida menenangkan roh jahat. Akan tetapi, makin bergesernya zaman kalimat ini mulai dugunakan anak-anak ketika mencari permen, dan dulu kalimat ini hanya diuapkan oleh anak-anak kurang mampu yang ingin meminta permen. Tapi kini, kalimat itu digunakan oleh semua orang.

Simbol Halloween

Secara universal simbol yang digunakan sebagai simbol perayaan Halloween adalah labu yang dibentuk menyerupai wajah seram yang kemudian diisi dengan lilin sehingga menjadi seperti lampion menyala.

Bentuk labu ini biasanya disebut sebagai Jack-O-Lantern. Budaya ini berasal dari daerah Amerika Utara yang merupakan daerah penghasil labu. Selain itu ada pun simbol lainnya yang berkenaan dengan Helloween adalah orang-orang sawah. Labu dianggap sebagai hasil panen, sedangkan orang-orangan sawah merupakan para penjaganya. Masyarakat yang merayakan Halloween juga biasanya menggunakan karakter-karakter yang menyeramkan seperti laba-laba, kelelawar, drakula, dan lain sebagainya.

Jack-O-Lantern Ikon Halloween

Berdasarkan kisah legenda dari Irlandia, Jack-O-Lanten merupakan seorang petani yang malas namun cerdas. Ia berhasil menipu para iblis agar tidak dimasukkan ke alam neraka. Akan tetapi, petani ini juga tidak diizinkan untuk masuk surga karena dosanya. Hal inilah yang membawa arwah Jack-O-Lanten berkeliaran sambil membawa sebuah lentera. Dari kisah inilah kemudian di intepretasikan menjadi labu menyeramkan yang biasanya diletakan di depan rumah.

Itu merupakan sejumlah fakta tentang budaya perayaan Halloween yang diselenggarakan di beberapa negara di dunia. Di Indonesia sendiri perayaan ini biasanya diisi dengan kegiatan pesta kostum dengan pakaian-pakaian unik seperti mengenakan pakaian hantu khas Nusantara atau sekedar berdandan menyeramkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here