Ini Manfaat Gula Batu yang Tidak Banyak Diketahui

0
7
manfaat gula batu
Ini Manfaat Gula Batu yang Tidak Banyak Diketahui

ceritatentang.com, Tidak banyak orang yang tahu manfaat gula batu. Gula batu adalah bentuk gula hasil kristalisasi dari larutan gula jenuh yang kemudian dipadatkan hingga mengeras. Gula batu memiliki rasa yang kurang manis namun banyak digunakan dalam dunia kuliner dan dijadikan sebagai obat-obatan.

Sebagian besar makanan dan minuman tentu tidak lepas dari pemanis yang satu ini. Meskipun menimbulkan beberapa risiko seperti obesitas dan diabetes jika dikonsumsi berlebihan, namun banyaj pula manfaat pada gula yang satu ini.

Berikut manfaat gula batu bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Meredakan Stress

Minum teh yang manis dikatakan dapat meredakan stress. Hal itu karena gula memiliki kandungan yang dapat merangsang hormon bahagia di dalam tubuh yang disebut dopamine. Gula batu bisa dijadikan salah satu pemanis rasa salah satunya minum teh yang dipercaya juga bisa memberikan efek rileksasi disaat merasa stress.

2. Sumber Energi

Gula menangandung karbohidrat dalam bentuk sukrosa yang dikenal mampu memberikan energy bagi tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi pamanis seperti gula batu maka keberadaannya dibuah menjadi glikogen yang kemudian disimpan pada otot dan menyumbangkan energy bagi tubuh. Selain itu, keberadaannya juga bisa ditemukan di hati yang berguna ketika dibutuhkan oleh jaringan lain.

3. Membantu Penderita Darah Rendah

Orang yang menderita darah rendah akan kesulitan beraktivitas saat kambuh. Kurangnya energi ditubuh yang memompa atau meningkatkan variabilitas tekanan membuat seseorang merasa lemas. Ketika mengonsumsi gula batu, maka glikogen di hati akan ditransfer menuju hipotalamus. Kinerja salah satu bagian dari otak ini berfungsi untuk mempengaruhi kecepatan denyut jantung serta dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tubuh tetap bisa beraktivitas dengan optimal.

4. Meredakan Nyeri Haid

Sebagian perempuan mengalami nyeri pada saat menjelang atau ketika haid. Hal ini terjadi karena adanya kontraksi otot pada rahim yang dipicu oleh hormon prostaglandin. Produksi zat tersebut akan semakin meningkat ketika seseorang hampir memasuki masa menstruasi. Keram yang dirasakan saat menstruasi sangat ampuh kamu atasi dengan menyeduh teh hangat disertai tambaha gula batu. Kandungan flavonoid dalam minuman tersebut mampu meredakan sakit ketika sedang mens.

5. Menyembuhkan Luka

Gula batu juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Penyembuhan menggunakan gula batu telah ada sejak 1700 SM yang dimanfaatkan oleh para tabib di Mesir. Keberadaannya bersifat sebagai antimikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada luka dan mencegah terjadinya pembengkakan.

Sebelum menggunakan, pastikan pendarahan pada luka telah berhenti selama lebih dari 24 jam lalu gula batu diletakkan diatas luka. Namun, jika pengobatan ini menimbulkan kondisi yang semakin parah maka kamu harus mengonsultasikannya kembali dengan dokter.  

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat gula batu bagi kesehatan yang jarang diketahui. Pemanis satu ini menyimpan banyak sekali khasiat jika dikonsumsi ataupun digunakan untuk mengobati tubuh. Namun ingat, penggunaannya tetap tidak boleh berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here