Inilah Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Reproduksi Wanita

0
45
cara menjaga kesehatan reproduksi wanita
menjaga kesehatan reproduksi wanita

ceritatentang.com, Penting bagi kaum hawa memahami secara detai cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Hal itu bertujuan agar mengurangi angka penyakit karena wanita rentan terserang penyakit pada bagian reproduksinya. Umumnya, organ reproduksi wanita meliputi vagina, rahim, tuba falopi, dan ovarium. Selain itu juga memiliki peran penting dalam hubungan seksual, produksi sel telur, melindungi serta menjadi tempat sel telur berkembang, hingga proses persalinan.

Maka mengingat hal itu, para wanita wajib mengetahui langkah – langkah apa saja yang membantu menjaga kesehatan organ reproduksinya.

Wanita mesti menghindari kebiasaan – kebiasaan yang kurang baik bagi dirinya. Misalnya kebiasaan merokok, mengkonsumsi kafein, konsumsi obat-obatan, penggunaan bahan kimia pada organ intim termasuk juga sabun antiseptik. Hal itu harus segera dihindari bahkan dihilangkan bagi para wanita.

Menjaga berat badan ideal juga merupakan hal penting, kelebihan berat badan dapat mengganggu ovulasi dan produksi hormon. Mengatur pola tidur adalah, mengkonsumsi makanan sehat dan mengelola stres adalah cara-cara yang juga biasa diminta untuk kesehatan fisik tak hanya untuk kesehatan reproduksi wanita.

Memeriksakan kesehatan secara teratur juga merupakan hal baik, ini kadang suka dianggap remeh oleh sebagian kaum hawa. Padahal saat rutin memeriksakan kesehatan justru membuat segala penyakit lebih cepat diketahui dan ditangani.

Untuk yang satu ini wanita harus tahu dan lebih peduli, yaitu rajin mengganti pakaian dalam serta pembalut saat haid. Hal itu harus dilakukan karena jika perempuan tidak mengaplikasikannya maka sangat berbahaya. Kuman dapat lebih mudah menyerang dan berdampak pada penyakit – penyakit yang berbahaya. Mengganti celana dalam sebaiknya dilakukan 2x sehari. Untuk wanita yang sedang haid atau datang bulan dianjurkan mengganti pembalutnya 4 jam sekali.

Anjuran bagi wanita yang sudah berpasangan sebaiknya mengetahui manfaat alat kontrasepsi. Hal itu merupakan cara menjaga diri dari hal – hal tidak diinginkan seperti mencegah penyakit menular atau kehamilan yang tidak direncanakan.

Merencanakan kehamilan dan pemeriksaan rutin selama kehamilan juga sebaiknya dilakukan. Kehamilan yang direncanakan akan lebih mempersiapkan wanita pada hal-hal yang dialami serta melakukan pemeriksaan rutin saat hamil agar dapat memantau perkembangan kesehatan ibu dan anaknya.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan agar tetap menjaga kesehatan reproduski wanita. Sehingga para wanita lebih peduli kepada kesehatan dirinya termasuk organ reproduksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here