Kaya akan Karbohidrat, Ini Tips Diet dari Olahan Kentang

0
37
tips diet
Kaya akan Karbohidrat, Ini Tips Diet dari Olahan Kentang

ceritatentang.com, Kentang merupakan salah satu sayuran yang digunakan sebagai tips diet sebagai karbohidrat pengganti nasi. Rasanya yang enak, bisa diolah menjadi apa saja, dan bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan lain. Banyak orang telah memanfaatkan kentang untuk diet penurunan berat badan. Penasaran bagaimana cara memanfaatkan kentang untuk diet? Yuk kita ketahui sama-sama.

Kentang merupakan jenis umbi yang memiliki banyak kandungan karbohidrat. Meskipun kerap diolah menjadi sayuran atau lauk, nyatanya kentang merupakan salah satu alternatif makanan pokok. Padahal suatu studi menyebutkan bahwa konsumsi 2 porsi kentang dalam sehari tidak memengaruhi peningkatan berat badan, selama diolah dengan cara yang tepat. Kentang juga memiliki keunggulan untuk menekan nafsu makan, melancarkan metabolisme pencernaan dan member asupan energi sehat untuk tubuh.

Berikut beberapa cara mengolah kentang untuk diet:

1. Menggunakan kentang sebagai makanan pokok

Menggunakan kentang untuk mengganti makanan pokok, bukan sebagai camilan. Gunakan kentang sebagai pengganti nasi, lazimnya porsi kentang akan lebih besar untuk mampu menggantikan kandungan karbohidrat yang sama dengan nasi. Hal ini sangat menguntungkan karena Anda bisa merasa cukup kenyang namun asupan karbohidrat dalam tubuh tidak sebanyak saat mengonsumsi nasi.

Anda perlu mengonsumsi 2-3 buah kentang ukuran 75-80 gram untuk mendapatkan kandungan karbohidrat yang setara dengan 1 centong nasi. Porsi kentang tersebut tentu cukup mengenyangkan.

2. Mengonsumsi kentang dengan metode masak yang rendah lemak

Agar manfaat dan kandungan gizi kentang tetap terjaga, hindari menggoreng kentang, goreng dengan tepung, atau memasak kentang dengan santan. Cukup banyak metode masak yang bisa Anda gunakan untuk mengolah kentang, seperti dipanggang, direbus, dan dikukus. Anda juga bisa menambahkan bumbu super nikmat yang tidak tinggi kalori, misalnya bubuk lada atau bawang.

3. Tidak mengupas kulit kentang

Mengonsumsi kentang dengan kulitnya, selain membuat gizinya lebih terjaga, akan membuat kandungan serat yang ada pada kentang tetap lengkap. Jadi, setelah mencuci kentang dengan bersih, usahakan tetap menggunakan kulit kentang saat mengolahnya.

4. Konsumsi kentang dengan makanan tinggi serat lainnya

Untuk mendukung diet, sajikan kentang dengan makanan tinggi serat lainnya. Kentang yang disajikan sebagai makanan pokok, lalu ditambahkan dengan sayuran yang tinggi serat, misalnya asparagus, brokoli, atau lauk tinggi serat, misalnya tahu panggang dengan bumbu. Jangan lupa lengkapi sajian makanan dengan buah atau jus buah tinggi serat, misalnya dari buah apel atau jambu.

Itulah tips diet sehat melalui olahan kentang sebagai pengganti asupan karbohidrat pada nasi. Semoga kalian cocok dengan diet kentang ini ya, selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here