Kegunaan Tepung Beras Untuk Merawat Wajah Secara Alami

0
48
Kegunaan Tepung Beras
Selain untuk membuat kue atau makanan lainnya ternyata kegunaan tepung beras bisa untuk kecantikan.

Ceritatentang.com, Tepung beras merupakan tepung yang dibuat dari beras yang ditumbuk atau digiling halus. Akan tetapi tepung beras tidak sama dengan pati beras yang dibuat dengan meredam beras dalam larutan alkali lho. Selain dijadikan sebagai bahan baku membuat makanan, kegunaan tepung beras juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan lho salah satunya untuk wajah.

Merawat anggota tubuh tentunya memerlukan uang yang banyak, kegunaan tepung beras bisa untuk merawat wajah. Tepung beras menjadi salah satu metode perawatan wajah yang digunakan selama berabad-abad oleh wanita di berbagai negara Asia. Tepung beras dikenal efektif untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit, garis-garis halus pada wajah, hingga penuaan dini pada wajah.

Berikut sejumlah kegunaan tepung beras untuk wajah:

Mengurangi Jerawat

Tidak lagi rahasia jika ekstrak beras bisa mengurangi jerawat di wajah. Tepung beras bisa menjadi salah satu alternatif Anda untuk mengurangi jerawat lho. Hal ini karena tepung beras kaya akan mineral, asam amino, dan vitamin bisa mencerahkan kulit serta meningkatkan kadar kolagen dan elastisitas kulit.

Selain itu, kandungan trosinase pada tepung beras bisa mencegah produksi melanin yang berlebih pada kulit. Tepung beras juga memiliki konsentrasi Para Aminobenzonic Acid atau PABA yang berkhasiat sebagai tabir surya yang sangat baik bagi kulit.

Untuk menggunakan tepung beras dalam proses mengurangi jerawat, Anda bisa mengikuti cara ini.

Pertama campurkan 2 sdm tepung beras, 1sdt kunyit, dan 4 sdm air jeruk nipis. Setelah itu aduk hingga terbentuk adonan pasta yang halus. Sebelum menggunakan adonan ini menjadi masker pastikan wajah Anda telah bersih dan agar hasilnya lebih maksimal bisa juga menguapi wajah terlebih dahulu. Dalam sekali penggunaan hanya perlu 15 menit, setelah kering Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

Anti-Aging

Kegunaan tepung beras beragam,salah satunya sebagai masker wajah.

Perawatan untuk melawan penuaan tentunya memerlukan budget yang besar dan sering kali memiliki efek samping. Untuk Anda yang mencari perawatan anti-aging secara alami, tepung beras bisa menjadi salah satu solusinya.

Tepung beras memilki kandungan ferulic acid yaitu anti-oksidan yang dapat membantu mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis halus di wajah serta membuat kulit terasa lebih lembab.

Selain itu, tepung beras mengandung vitamin B yang membantu kulit meregenerasi selsel pada wajah dan melawan proses penuaan kulit. Penggunaan masker tepung beras ini dapat mempertahankan elastisitas kulit dan kulit terasa lebih segar dan awet muda.

Untuk membuat masker anti penuaan, Anda bisa mencampurkan 2 sdm tepung beras, 1 putih telur, dan 1 sdm madu, kemudian oleskan campuran ini pada wajah Anda yang telah dibersihkan dan diamkan hingga kering, kemudian angkat masker secara perlahan dan bilas wajah dengan air dingin.

Bedak Tabur Alami Atasi Minyak Berlebih

Kulit berminyak sering kali dialami oleh remaja yang sering kali mengganggu aktivitas karena wajah yang berminyak membuat riasan hingga wajah terlihat sangat mengkilap dan mengganggu. Tak perlu mahal untuk mengatasi kulit berbinyak, Anda bisa menggunakan tepung beras untuk mengatasi minyak berlebih lho.

Hal ini karena sifat dan partikel tepung beras yang dapat menyerap minyak sangat baik digunakan sebagai pengganti bedak mahal Anda. Partikel beras ini memiliki sifat yang mudah menyatu dengan lapisan kulit dan dapat menyerap minyak berlebih di wajah.

Cara penggunaannya, Anda bisa membuat bedak alami dari campuran tepung beras dan tepung maizena dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikannya secara merata ke wajah dengan menggunakan kuas bedak. Bedak alami ini bisa digunakan pada riasan, penggunaannya bisa dilakukan setelah memakai alas bedak atau foundation. Penggunaan bedak alami ini bisa menjadikan riasan mu memiliki hasil yang tidak cracky atau cakey dan membuat riasan bertahan lebih lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here