Lakukan Kegiatan Positif Ini untuk Menghilangkan Bosan Saat Lockdown

0
17
Lockdown
Lakukan Kegiatan Positif Ini untuk Menghilangkan Bosan Saat Lockdown

ceritatentang.com, Tentu bosan dan stress akan melanda anda saat lockdown dan berada di rumah saja saat pandemi ini. Kamu tetap perlu patuh pada aturan pemerintah untuk menghindari bahaya dari paparan Virus Corona yang merebak saat ini. Meski begitu, berada dirumah saja selama beberapa waktu lamanya tentu akan membuat rasa bosan dan stress.

Saat lockdown segala aktivitas tentu terbatas dan tidak bisa merileksasikan pikiran di luar rumah. Nah jangan risau ya, kamu mungkin bisa menciptakan kegiatan-kegiatan positif dirumah untuk mengisi waktu dan menghilangkan kebosanan.

Berikut kegiatan yang bisa dilakukan di rumah saat lockdown:

1. Berolahraga

Ini merupakan kegiatan penting bagi kesehatan namun kerap kali terlupakan karena kesibukan. Biasanya orang sulit menyisakan waktunya untuk berolahraga setelah lelah dengan kesibukan sehari-hari di luar rumah. Mungkin di masa pandemi dengan aturan pembatasan sosial dan dirumah saja, kamu dan keluarga bisa memiliki banyak waktu untuk berolahraga.

Olahraga juga merupakan hal yang penting untuk menjaga imunitas dan kebugaran tubuh kita. Ini juga jadi salah satu cara kita membentuk kekebalan tubuh untuk melawan virus corona. Kamu bisa berolahraga ringan seperti senam bersama keluarga dirumah, jogging di sekitar rumah atau mungkin bersepeda bersama.

2. Masak

Masak mungkin juga bisa jadi kegiatan positif yang dilakukan saat berada dirumah saja. Kamu dan keluarga mungkin bisa mencoba memasak menu-menu baru yang menggugah selara makan. Atau mungkin kalian bisa memasak makanan yang mudah dibuat sebagai hidangan camilan dirumah bersama keluarga.

3. Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Jika hal ini biasanya adalah kegiatan yang biasa saja, namun dimasa pandemi mungkin bisa jadi hal menarik. Kamu dan keluarga bisa saling bahu membahu mengerjakan pekerjaan rumah bersama. Bisa juga saling membagia tugas. Hal ini juga bisa menjadi cara bagi para orang tua mendidik anak mereka dengan mengajarkan bentuk bertanggung jawab.

4. Menonton Film

Kegiatan ini mungkin akan jadi kegiatan asyik sepanjang masa lockdown. Siapa yang mengira bahwa berada dirumah yang diimpi-impikan para orang sibuk ternyata juga membosankan. Nah kamu bisa memilih untuk menonton film bersama keluarga atau pasangan. Pilihlah beberapa film yang mungkin menarik ditonton bersama dan bisa menjadi topic diskusi hangat.

5. Bermain Games

Mungkin sudah sangat lumrah bahwa games mampu menjadi candu bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Tapi sayangnya banyak orang yang tidak sempat menghabiskan waktunya bermain games karena padatnya rutinitas harian. Di masa pandemi Covid-19, saat segala aktivitas terbatas mungkin kamu bisa menghabiskan waktu bermain game untuk menghilangkan penat dan bosan.

6. Bercocok Tanam

Nah ini adalah salah satu kegiatan positif lainnya yang menjadi trend di masa pandemi ini. Bagaimana tidak, hampir banyak orang tiba-tiba menjadi pecinta tumbuhan dan bercocok tanam dirumah. Mungkin itu memang hal positif yang juga menyenangkan. Menanam bibit-bibit tanaman dan merawatnya serta melihat proses bertumbuhnya memang jadi hal yang menarik dan menyenangkan untuk menghilangkan bosan.

7. Berbagi Cerita

Punyab banyak waktu luang dirumah bisa membuatmu dan keluarga semakin erat loh. Kesibukan yang biasanya habis diluar rumah berganti menjadi dirumah saja. Waktu luangmu bisa kamu gunakan untuk salaing berbagi cerita bersama pasangan,anak atau anggota keluarga lainnya. Dengan itu maka hubungan keluarga semakin erat dan harmonis.

Bagaimana denganmu? Apa sajakah kegiatan positif yang sudah kamu lakukan bersama keluarga dimasa pandemi? Berada dirumah saja dalam waktu yang lama memang membosankan. Dikutip dari Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara yang ditulis oleh Sherly, dari Universitas Bunda Mulia menyatakan adanya dampak negatif yang mungkin dapat terjadi apabila “social distance” dilakukan terus menerus.

Beberapa dampak yakni memicu stress pada diri sendiri, membuat diri merasa terisolasi dari lingkungan sosial, merasa kesepian, atau bahkan kehilangan motivasi bekerja. Oleh sebab itu itu, penting bagi Anda untuk mencari aktivitas positif yang dapat kita terapkan meskipun dalam situasi ”stay at home” atau “social distancing”.

“Kita tetap dapat memonitor diri untuk tetap produktif saat harus bekerja di rumah, dan dapat memanfaatkan waktu selebihnya untuk melakukan aktivitas atau hal positif lainnya yang mungkin selama ini jarang dapat diterapkan, seperti quality time bersama keluarga di rumah,” terang Sherly dikutip Senin, (30/3/2020). Bagi masyarakat Indonesia yang mungkin selama ini padat oleh aktivitas dan pekerjaan hingga sedikit untuk memiliki quality time bersama keluarga, maka inilah saatnya momen itu dapat diterapkan. Kamu dan keluarga bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti yang sudah dijelaskan diatas selama lockdown dirumah saja. Semoga harimu akan selalu sehat, bersemangat dan bahagia ya teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here