Mengenal Diet Mayo Untuk Turunkan Berat Badan

0
39
Ceritatentang.com, Mengenal Diet Mayo Untuk Turunkan Berat Badan
Diet memliki beragam cara

Ceritatentang.com, Diet merupakan salah satu cara untuk memiliki tubuh ideal yang diingkan banyak orang. Ada beberapa varian diet yang dilakukan oleh beberapa orang. Salah satunya adalah diet mayo.

Diet mayo adalah diet dengan tidak mengonsumsi garam dapur. Selain itu untuk menjalani diet ini diharuskan untuk minum air dua liter per pagi dan bukan air dingin. Cara diet ini diprakarsai oleh program yang diciptakan oleh organisasi Mayo Clinic di Amerika Serikat.

Diet mayo ini menarik banyak perhatian karena menjanjikan berat badan yang akan menurun sekitar 8-15 kilogram dalam waktu 2 minggu saja.

Selain dua syarat utama tidak mengonsumsi garam dan minum air itu, Anda juga harus menjalani syarat ketat lainnya seperti membatasi makan malam hanya sampai jam 18.00 dan peserta diet ini juga tidak diperbolehkan melakukan “cheating” atau sesekali melanggar kebiasaan diet mayo ini.

Lantas, apakah diet ini bisa dikatakan aman untuk dijalani?

Ahli gizi dari RS Pondok Indah, Jakarta, Diana Suganda mengatakan bahwa kalori yang dikonsumsi oleh peserta diet mayo hanya sejumlah 500-600 kalori. Berbeda jauh dari kebutuhan kalori manusia pada mestinya, yaitu 1500-2000 kalori per hari.

Jadi, menurutnya tidak heran jika berat badan para peserta diet mayo turun secara drastic dalam waktu yang singkat. Saat tubuh manusia tidak dapat asupan menurutnya cairan di tubuh akan terus keluar salah satunya lewat urin. Jadi penurunan berat badan ini menurut Diana bukan massa tubuh, melainkan air yang keluar dari tubuh.

Ahli gizi ini mengibaratkannya seperti ketika terserang diare. Saat diare tubuh manusia bisa baung air sampai 10 kali dan ini membuat berat badan turun secara drastis.

Ketika tubuh sudah mulai kembali fit, berat badan pun kembali akan naik lagi.

“Ini karena sifat garam. Satu molekulnya menahan dua molekul air. Kalau tidak konsumsi garam, maka cairan tidak tertahan akhirnya terbuang.”

Efek turunnya berat badan di diet mayo juga sama. Menurut Diana potensi untuk berat badan dalam 1-2 minggu kembali seperti sebelum diet sangat besar. Bahkan terkadang menurutnya bisa j adi akan lebih tinggi setelah ikut program.

Untuk itu diperlukakan konsistensi setelah melakukan diet mayo ini. Beberapa orang menyebutnya fase jangka panjang setelah diet. Bisa melakukan aktivitas fisik, olahraga, dan melakukan perencanaan menu.

Melakukan diet mayo saja memang bisa menurunkan berat badan, tetapi mempertahankan berat badan ideal harus diupayakan dengan cara lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here