5 Jenis Olahan Kentang Kukus hingga Panggang yang Lebih Sehat

0
33
Berbagai olahan kentang yang sehat
Berbagai olahan kentang kukus hingga panggang yang sehat

Ceritatentang.com, Kentang secara jamak sering diolah dengan cara digoreng. Padahal bahayanya sangat jelas. Dalam satu porsi french fries ukuran kecil saja, mengandung 200-340 kalori. Tentu tak akan ada yang tahan hanya mengonsumsi satu porsi yang kecil. Ada cara sehat lain agar tetap mendapatkan makanan sehat dengan bahan yang sama, misalnya makanan olahan kentang kukus.

Kentang merupakan jenis umbi yang memiliki nilai gizi. Bahan makanan yang satu ini rendah lemak dan kalori serta mengandung vitamin C, potasium harian, dan vitamin B6. Selain itu, Solanum tuberosum ini diperkaya oleh fitonutrien yang memiliki manfaat mempromosikan kesehatan tubuh. Jangan sampai kandungan baik di dalam kentang ini berubah menjadi kandungan jahat hanya karena kesalahan dalam pengolahan.

Menggoreng kentang dalam minyak sayur yang terhidrogenasi seperti minyak jagung, minyak kedelai, dan canola dapat merusak kesehatan tubuh. Kemudian, lemak tak jenuh ganda yang terkandung di dalamnya berubah menjadi tengik dikarenakan adanya pemanasan konstan dan pemanasan ulang yang mendegradasi struktur kandungan tersebut. Olahan dari minyak jagung adalah yang paling buruk diantara minyak untuk tubuh. Sebab, tidak hanya mengandung lemak jenuh, tapi juga mengandung asam lemak omega-6 lebih inflamasi 60 kali dibanding Omega-3.

Masalah kesehatan akan muncul dari adanya peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh rusaknya lemak yang tidak alami akibat panas.

Cara lain mengolah kentang

Kesalahan banyak orang adalah mengolah kentang dengan cara digoreng menggunakan minyak sayur. Berikut cara lain pengolahan kentang yang lebih sehat.

1. Sup

Makanan olahan kentang sup
Makanan olahan kentang selain digoreng, bisa dengan membuat sup

Mungkin sup kentang sudah bukan makanan yang asing dikonsumsi oleh banyak orang. Cara mengolahnya juga beragam sesuai selera. Pertama, potong dadu kentang dan rebus. Lalu, masukkan potongan bersama campuran sayuran lainnya, bisa campurkan dengan brokoli, wortel, seledri, serta bawang bombay dalam kuah kaldu sayuran atau kaldu ayam yang rendah lemak.

Agar rasanya semakin enak, masukkan potongan ayam dan bubui dengan lada, garam, hingga rempah lainnya untuk menambah cita rasa.

Cara lainnya adalah dengan memasukkan potongan kentang dan sayuran lainnya dalam kuah kaldu. Tunggulah hingga hampir mendidih, lalu turunkan apinya hingga 20 menit dengan panci tertutup. Kemudian tunggu hingga agak dingin, haluskan kentang dan sayuran hingga konsistensi sup yang diinginkan. Jika suka, tambahkan bumbu-bumbu lainnya dan masak 5 menit lagi.

2. Kukus

Olahan kentang kukus akan terasa tidak tawar jika ditambahkan bumbu dan rempah-rempah favorite. Misalnya, menambahkan sedikit garam, lada, bubuk cabe, atau bisa juga dengan memadukan bubuk rosemary dan sage agar rasanya semakin gurih.

Olahan kentang kukus bisa juga menambahkan rempah segar. Cincang kasar daun peterseli, dill, kemangi, thyme, atau sage. Taburi di atas kentang yang sudah dikukus. Rempah-rempah segar tersebut mengandung antioksidan yang tinggi dan mampu melawan radikal bebas. Agar rasanya semakin nikmat, tambahkan bumbu-bumbu seperti lada hitam dan jintan.

Tips lainnya, alih-alih mengukus kentang, bisa juga dengan merebus kentang dalam kaldu sayur atau daging sehingga lebih memiliki cita rasa.

3. Salad

Kentang juga dapat diolah menjadi salad. Namun, gantilah mayonaise yang tinggi kalori dengan plain yoghurt yang rendah lemak agar salad kentang yang diolah semakin segar. Cara membuatnya tergolong lebih mudah. Tambhakan yoghurt tawar pada potongan kentang. Tambahkan juga seledri, paprika merah, bawang, serta acar yang dicincang. Tambahkan juga merica serta garam, dan aduk rata.

4. Mashed Potato

Olahan kentang kukus menjadi mashed potato
Olahan kentang kukus yang dibuat menjadi mashed potato

Mashed potato yang creamy memang sangat digemari. Agar teksturnya tetap lembut dan tidak mengandung banyak kalori, ganti mentega dengan skim atau yoghurt rendah lemak. Bisa juga dengan menambahkan kembang kol yang dikukus dan sage agar cita rasanya semakin bertambah.

Ada juga olahan mashed potato yang lebih sehat. Rebus kentang dengan enam siung bawnag putih. Tiriskan lalu haluskan kentang dengan bawang putih, tambahkan bawang merah yang diiris, lada hitam, garam, serta tiga sendok makan minyak zaitun.

5. Kentang Panggang

Olahan kentang kukus atau panggang
Olahan kentang panggang yang sehat

Mengonsumsi kentang dengan kulitnya akan memberikan serat serta kalium tambahan. Dari satu kentang yang dipanggang bersama kulitnya mengandung 4 gram serat dan lebih dari 900 gram kalium.

Agar rasanya semakin nikmat, kentang panggang bisa juga disajikan dengan topping greek yoghurt, saus salsa, dan brokoli. Bisa juga menambahkan rempah segar yang sudah dicincang. Agar semua nutrisi dalam kentang tetap terjaga, bungkus kentang dengan aluminium foil sebelum dipanggang.

Ketimbang memesan makanan olahan kentang di restoran cepat saji, lebih baik masak sendiri di rumah. Potong kentang hingga beberapa wedges tebal, lalu tempatkan di loyang panggangan. Oles dengan minyak zaitun dan berikan bumbu garam serta merica. Panggang hingga 15-20 menit dalam oven dengan suhu 450 derajat celcius.

Ada banyak cara mengonsumsi kentang selain digoreng. Mulai dari olahan kentang kukus hingga dipanggang. Selain rasanya enak, olahan ini bahkan jauh lebih sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here