Pangeran Charles dan Camilla 15 Tahun Menikah dengan Kisah Rumit Sebelumnya

0
51
Pangeran Charles
Pangeran Charles dan Camilla 15 Tahun Menikah dengan Kisah Rumit Sebelumnya

ceritatentang.com, Pernikahan pasangan Kerajaan Inggris, Pangeran Charles dan Camilla Rosemary Shand, ternyata sudah memasuki 15 tahun. Hari itu tepatnya pada 9 April 2020. Sehari menjelang anniversary, Pangeran dan Camilla mengunggah foto berdua di akun Instagram resmi mereka, @clarencehouse. Keduanya berpose di depan kediaman mereka di Birkhall, Skotlandia, sambil masing-masing memangku anjing peliharaan.

“Ahead of The Prince of Wales and The Duchess of Cornwall’s 15th wedding anniversary tomorrow (9 April), we are sharing this photo of Their Royal Highnesses with The Duchess’s dogs Bluebell and Beth,” keterangan yang diberikan dalam foto yang diunggah. Seperti diketahui sebelumnya, Pangeran Charles sempat menjalani karantina karena dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Kini, ayah Pangeran William dan Pangeran Harry itu telah tampak sehat dan bahagia.

Sebelum akhirnya mengikat janji suci di St George’s Chapel, 9 April 2005, perjalanan cinta Charles dan Camilla sangat berliku. Mereka sebenarnya sudah saling mengenal sejak awal tahun 1970-an. Namun keduanya berada pada hubungan yang cukup rumit. Sehingga akhirnya Camilla dinikahi oleh Andrew Parker Bowles. Pernikahan tersebut sekaligus menghilangkan masalah Camilla tentang persamaan derajat keluarga Kerajaan. Diketahui, Camilla bukan seorang yang berasal dari keturunan darah biru.

Andrew menikahi Camilla dengan pemberkatan secara Katolik Roma di Guards Capel, London, pada 4 Juli 1973. Mereka memiliki dua anak, Tom (lahir 1974) dan Laura (lahir 1978).  Pada November 1977, Pangeran Charles berburu belibis di Althrop, kediaman Putri Diana. Charles awalnya menemui kakak Diana, Lady Sarah. Setelah itu, barulah Pangeran dan Diana bertemu. Putri Diana saat itu baru berusia 16 tahun, sedangkan Pangeran sudah memasuki 29 tahun. Sang Pangeran pun mengutarakan kesan pertama saat dia melihat Diana.

“Saya ingat, betapa di usianya yang 16 tahun, dia sangat periang, lucu, dan menarik. Maksud saya sangat menyenangkan,” kenang Charles, saat wawancara dengan The Telegraph.

Empat tahun setelah pertemuan itu, Putri Diana dan Pangeran Charles bertunangan. Tepatnya 24 Februari 1981. Mereka kemudian mengikat janji suci di altar St Paul’s Cathedral, London, Inggris, pada 29 Juli 1981. Mereka memiliki dua putra bernama William dan Harry.

Namun meski sudah menikahi Putri Diana, hubungan Pangeran dan Camilla rupanya tidak benar-benar berakhir. Pada 1989, Putri Diana sempat melabrak Camilla di acara ulang tahun ke-40 adik Camilla, Annabel Elliot, di Richmond. Sang Putri kemudian memberanikan diri bicara pada Camilla.

“Aku tahu apa yang terjadi di antara kamu dan Charles, dan aku hanya ingin kamu tahu itu,” tutur Diana, dilansir Express dari buku biografi Diana: Her True Story, yang ditulis Andrew Morton pada 1992.

Camilla lalu mengatakan, “Kamu sudah mendapatkan semua yang kamu inginkan. Kamu membuat semua pria di dunia jatuh cinta padamu, dan kamu punya dua anak yang manis, apa lagi yang kamu inginkan?”

“Aku menginginkan suamiku,” jawab Diana pada Camilla.

Putri Diana akhirnya tak sanggup meneruskan rumah tangganya di balik bayang-bayang Camilla. Hingga akhirnya, Diana dan Charles berpisah sejak 1992 dan resmi bercerai pada 1996. Sementara itu, pernikahan Camilla dengan Andrew Parker Bowles lebih dulu kandas. Setelah 21 tahun menikah, pada Desember 1994, Camilla dan Andrew dikabarkan dalam proses perceraian. Mereka pun resmi bercerai pada Maret 1995.

Setahun setelah bercerai dari Charles, Putri Diana meninggal dunia. Tepatnya pada 31 Agustus 1997, Princess of Wales mengembuskan napas terakhir usai mengalami kecelakaan mobil di Paris, Prancis, bersama kekasihnya, Dodi Fayed, yang juga tewas.

Setelah bercerai dari pasangan masing-masing dan Putri Diana meninggal dunia, Pangeran Charles dan Camilla tidak langsung meresmikan hubungan ke jenjang pernikahan. Seperti diketahui di awal, hubungan mereka tersandung lantaran Camilla bukan keturunan darah biru. Keduanya pertama kali tampil bersama lagi di depan publik. Mereka menghadiri sebuah pesta ulang tahun di Ritz Hotel London. Lalu pada 2001, Camilla dinobatkan sebagai Presiden National Osteoporosis Society.

Hingga akhirnya, keberadaan Camilla sebagai kekasih putranya direstui Ratu Elizabeth II. Sang Ratu pun mulai mengundang Camilla di beberapa acara Kerajaan. Pangeran dan Camilla lalu bertunangan pada 10 Februari 2005. Di hari itu, Pangeran Charles memberi Camilla sebuah cincin berlian, yang diberikan sang nenek alias Ibu Suri, Queen Elizabeth The Queen Mother.

Tak lama setelah bertunangan, tepatnya 9 April 2005, Pangeran Charles resmi menikahi Camilla di St George’s Chapel. Resepsi pernikahan mereka kemudian digelar di Windsor Castle. Camilla lalu mendapat sebutan Her Royal Highness (HRH) atau Yang Mulia, serta gelar Duchess of Cornwall. Dan pada Kamis (9/4/2020) kemarin, usia pernikahan mereka genap memasuki 15 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here