Resep Kulit Pastry dan Tips Membuatnya Agar Sempurna

0
35
Resep kulit pastry
Resep kulit pastry serta tips dan cara mengolahnya

Ceritatentang.com, Seiring dengan banyak yang menyukai kudapan puff pastry, membuat banyak orang juga mencari resep kulit pastry karena ingin membuat sendiri di rumah. Rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah serta hancur seketika digigit, tentu menjadi godaan yang tidak bisa dihindari siapapun.

Membuatnya sendiri di rumah ternyata merupakan pilihan yang bagus dan juga hemat. Apalagi jika kamu memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, membuat makanan dari puff pastry akan lebih menghemat, sehat, dan bisa diolah sesuai dengan keinginan, dibanding membeli yang instan di supermarket besar.

Tips membuat kulit pastry renyah

1. Pilih Bahan Terbaik

Membuat pastry haruslah menggunakan bahan-bahan seperti tepung terigu protein tinggi, margarin, garam, kuning telur, korsvet, dan air dingin, yang masih fresh dan bagus.

Pastikan juga menggunakan korsvet atau mentega pastry yang terbaik dengan bahan dan kualitas yang tidak abal-abal agar kulit pastry yang dibuat jadi lebih gurih.

2. Cara Mencampur Bahan

Bahan-bahan yang sudah disiapkan, campur dengan teknik yang benar. Adapun langkah-langkahnya yaitu, campurkan tepung terigu, margarin, kuning telur, garam, serta sedikit demi sedikit air. Uleni adonan hingga membentuk pasir. Campurkan juga bahan-bahan tersebut dengan mixer, gunakan kecepatan paling rendah sebentar saja. Kemudian bungkus adonan dengan plastik, lalu simpan di lemari es beberapa saat. Cara-cara mencampur bahan ini harus diperhatikan dengan seksama, jangan sampai salah teknik atau salah memasukkan bahan.

3. Hati-hati saat Menggiling Adonan Puff

Cara penggilingan kulit pastry ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pembuatannya. Adapun cara menggiling adonan puff pastry adalah dengan memipihkan adonan di bidang datar menggunakan rolling pin, jangan lupa taburi dengan tepung terigu agar tidak lengket. Jangan giling adonan terlalu kuat karena bisa menyebabkan korsvet keluar dari adonan. Kemudian isi adonan yang sudah pipih dengan korsvet.

Agar seluruh korsvet tertutupi, lipat adonan serupa lipatan amplop. Giling lagi dengan ketebalan lebih kurang 1/2 cm. Giling beberapa kali agar terbentuk lapisan-lapisan pada puff pastry sesuai dengan yang diinginkan.

Teknik khusus yang harus dilakukan yaitu dengan melipat sisi kanan dan kiri adonan puff ke arah dalam, namun jangan sampai keduanya bersentuhan. Setelahnya, lipat lagi lipatan sampai saling bersentuhan dan giling pelan. Ulangi langkah tersebut beberapa kali, sesuai banyaknya lapisan yang kamu inginkan.

4. Simpan adonan puff pastry dalam lemari es

Setelah adonan selesai digulung, bungkus lagi adonan tersebut dengan plastik dan masukkan dalam lemari es selama beberapa jam atau bahkan seharian. Tujuannya agar korsvet bisa bekerja maksimal ketika dipanggang. Fungsinya yaitu menaikkan setiap lapisan adonan pastry dan membuatnya menjadi sangat renyah.

Resep Kulit Pastry dan Cara Membuatnya

Bahan dasar yang harus dipersiapkan membuat kulit pastry adalah sebagai berikut:

– 450 gram tepung terigu protein tinggi
– 150 gram korsvet (bisa diganti dengan mentega putih)
– 100 gram margarin
– 1/2 sdt teh garam
– 1/2 sdt air jeruk lemon/cuka
– 170 ml air dingin/es

Step by step cara membuatnya

+ Aduk tepung, margarin, dan garam

+ Aduk tepung, margarin, dan garam

+ Tuang air dingin sedikit demi sedikit. Jangan lupa mencampurkan air dingin tersebut dengan air jeruk lemon/cuka terlebih dahulu. Uleni dengan rata.

+ Diamkan adonan sekitar 3 menit agar memudahkan dalam proses penggilingan.

+ Kemudian, giling adonan. Lalu letakkan korsvet di bagian tengah. Lipat adonan dengan lipatan ganda hingga korsvet tertutupi. Caranya adalah dengan melipat bagian atas ke tengah, lalu lapisan bawah ke sisi atas. Simpan dalam lemari es selama 10 menit.

+ Setelah itu, keluarkan adonan, dan giling lagi. Lakukan teknik lipatan yang sama sebanayk dua kali atau sebanyak yang diinginkan. Simpan kembali dalam lemari pendingin hingga 10 menit.

+ Adonan siap digunakan.

Resep kulit pastry yang renyah
Tips dan resep kulit pastry yang renyah

Sebenarnya, adonan tidak harus diuleni hingga kalis karena saat digiling akan kalis sendiri. Selain itu, jika kamu bertanya-tanya apa fungsi penggunaan air jeruk lemon atau cuka adalah untuk membuat adonan tidak membal saat digiling.

Dalam proses menggiling dan melipat inilah perlu kehati-hatian dan kesabaran. Sebab, lapisan korsvet ini tidak boleh pecah. Jika ada lapisan korsvet yang pecah, segera taburi bagian lipatan tersebut dengan terigu tipis. Penting juga untuk melapisi alas penggilingan dengan terigu.

Pastikan agar korsvet dimasukkan dalam lemari pendingin hingga sebelum digunakan. Korsvet ini akan membuat kulit pastry berlapis-lapis sehingga memberikan tampilan menarik pada kue. Selain itu, tentu saja, membuat kue jadi lebih garing dan renyah.

Gunakan pisau yang tajam dan bersih untuk memotong adonan puff yang sudah digiling. Biarkan beberapa saat sebelum dipanggang agar adonan mengembang. Kamu bisa berkreasi dan membuat isian pastry sesuai selera. Jangan lupa untuk membasahi loyang pastry dengan air. Sebab ketika proses pemanggangan, adonan akan mengeluarkan lemak.

Perhatikan juga saat memanggang pastry, pastikan dengan menggunakan suhu tinggi hingga adonan mengembang. Keluarkan adonana ketika 3/4 matang, poles dengan kuning telur. Memoles adonan ini disarankan tidak dilakukan sebelum dipanggang karena biasanya membuat pastry tidak mengembang sempurna.

Kreasi dengan Puff Pastry

Resep kulit pastry dan olahannya
Resep kulit pastry dan kreasi olahannya

Pastry ini pada dasarnya berbeda dari segi bentuk dan isian. Jika kamu ingin membuat pastry dan butuh referensi mengkreasikan bentuk pastry dan isiannya agar tidak membosankan. Berikut beberapa kreasi yang bisa kamu coba untuk jenis kuliner pastry ini.

1. Napoleons

Pastry jenis Napoleons ini merupakan pastry yang berlapis-lapis. Lapisannya dimulai dari pastry, berikan topping krim di atasnya, ditambah krim, dan toppingnya sugar glaze. Pastry jenis ini lebih mirip Mille-feuille.

2. Cream Horns

Pastry varian ini memiliki bentuk unik. Bentuknya seperti tanduk unicorn dengan isian krim. Bentuk tanduk ini dibuat dengan memotong adonan menjadi lembaran kecil atau strip. Kemudian bungkus cetakan berbentu cone kerucut dengan lembaran pastry. Kemudian panggang sekitar 15 menit hingga berwarna cokelat keemasan.

3. Raisin Puff

Jenis pastry yang satu ini cukup populer di masyarakat karena rasa yang enak dan membuatnya juga mudah. Raisin puff ini merupakan olahan adonan pastry yang ditaburi butiran kismis. Agar semakin wangi, kue ditaburi bubuk kayu manis.

4. Pizza

Tidak ada salahnya membuat pizza dari adonan pastry. Adonan pizza pastry ini diisi dengan mozarella, potongan daging ham, dan saus carbonara. Paduan ini akan memberikan sensasi savory yang nikmat.

5. Traditional Pie

Pastry jenis ini biasanya dikategorikan sebagai variasi pie. Sederhananya kulit pie diganti dengan kulit puff pastry. Tekstur adonan pastry yang renyah juga akan memberikan sensasi dalam menikmati pie dengan cara yang berbeda.

6. Turnovers

Pastry ini di Indonesia seringnya dikategorikan sebagai pastel karena bentuknya segitiga dan menyerupai pastel. Bedanya, isian Turnovers biasanya manis. Cara membuatnya mudah, masukkan isian selai atau coklar di tengah kulit puff pastry yang bentuknya persegi. Lipat hingga membentuk segitiga, kemudian panggang adonan dan berikan dekorasi seperti sugar glaze sebagai toppingnya.

7. Palmiers

Jenis pastry ini sering disebut Orejas yang artinya “telinga” secara harfiahnya. Hal ini dikarenakan bentuknya yang mirip dengan telinga. Pastry ini dibuat dari campuran puff pastry, butiran gula, kayu manis, lalu digulung ke dalam dari dua arah hingga membentuk adonan spiral.

8. Freeform Tarts

Tekstur jenis pastry ini mirip Galette, bahkan sekilas mirip pie. Membuatnya cukup dengan membentuk adonan pastry bundar, panggang dengan teknik blind bake, lalu isi di tengahnya dengan bahan-bahan manis atau savory.

9. Joconde Imprime

Mungkin Joconde Imprime ini merupakan dessert dengan tampilan kreasi yang berbeda. Dessert ini terbuat dari lapisan puff pastry dan krim yang dibungkus sponge cake lembut. Adonannya membungkus dan menyelimuti lapisan pastry dan krim sehingga sensasi lembut dan renyah.

10. Vol Au Vents

Pastry dengan ukuran one bite size ini adalah jenis pastry dengan resep kulit pastry yang sama dengan sebelumnya. Berbeda hanya dari segi bentuk kotak atau bundar dengan ukuran kecil, di mana bagian tengah berlubang untuk isiannya. Uniknya ada di bagian isi yang savory. Biasanya diisi dengan daging, sayuran, seafood, hingga topping mayones dan saus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here