Saat Perayaan Idul Adha Inilah Beberapa Hal-hal Yang Pasti Ada

0
52
perayaan idul adha
idul adha

ceritatentang.com, Perayaan idul adha sudah tak asing lagi bagi umat muslim di dunia. Bertepatan pada 10 Dzulhijjah, merupakan proses ibadah haji yang dilakukan umat muslim di serambi mekah. Namun uniknya, Idul adha tidak hanya dirayakan oleh para jamaah haji dalam melaksanakan ibadah. Melainkan juga di peringati oleh seluruh muslim di dunia. Di Indonesia biasa disebut dengan lebaran haji.

Saat Idul Adha bebetapa hal yang pasti ada atau dilakukan oleh umat muslim yakni :

  1. Sholat Id’

Umat muslim biasa melaksanakan kewajiban menunaikan sholat ied pada idul fitri yang merupakan hari kebesaran dan kemenangannya. Namun tidak hanya saat idul fitri saja, saat bertepatan hari idul adha 10 Dzulhijjah biasanya umat muslim juga melakukan sholat ied.

  1. Berpuasa Arafah

Bagi para muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji, biasanya ikut melaksanakan puasa arafah yang dilaksanakan sebelum hari lebaran. Yakni tanggal 8 – 9 Dzulhijjah, tetapi ada pula yang melaksanakan sejak tanggal 1 – 9 Dzulhijjah. Puasa arafah ini memang di sunnah kan bagi kaum muslim yang mana akan dibalas dengan ganjaran pahala yang berlebih oleh ALLAH SWT.

  1. Berqurban

Berqurban merupakan ibadah sunnah menyembelih hewan ternak (sapi, kambing, kerbau dan domba) yang dilakukan beberapa umat muslim (bagi yang mampu) di Indonesia. Tidak hanya menjadi kebiasaan beberapa daerah, tapi qurban menjadi hal biasa di seluruh wilayah Indonesia. Megikuti jejak nabi Ibrahim yang berqurban, umat muslim pun berusaha berqurban guna menunaikan ibadah sunnah untuk memperoleh pahala dan berbagi kepada sesama berupa daging hewan yang diqurbankan.

  1. Nyate

Ini bukan merupakan suatu ibadah yang disarankan bagi umat muslim, namun biasanya di Indonesia umumnya usai penyembelihan daging qurban maka daging akan diberikan sebagian kepada yang berqurban dan selebihnya kepada orang – orang lain yang berhak. Ketika setiap orang memiliki daging qurban maka biasanya mereka membuat suatu momen bersama untuk menyambung silaturahmi sekaligus berbagi dengan keluarga ataupun teman yaitu “nyate”. Mengundang sanak keluarga atau teman-teman untuk datang berkumpul mengolah daging qurban yang dimiliki dan makan bersama menjadi ciri khas di Indonesia. Meski bukan perintah dari agama, tapi momen ini tentu memberi faedah tentunya, lantaran bisa merekatkan tali silaturahmi dan berpahala.

Itulah beberapa hal – hal yang lumrah terjadi saat perayaan idul adha berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here