Sambut Hari Pelanggan Nasional 2019, Ini Sejarah Harpelnas

0
31
Sambut Hari Pelanggan Nasional 2019
Sambut Hari Pelanggan Nasional 2019

Ceritatentang.com, Harpelnas memang dimeriahkan dengan berbagai macam promo yang selalu ditunggu-tunggu oleh setiap pelanggan di Indonesia. Sambut Hari Pelanggan Nasional 2019 yuk ketahui asal muasal nya!

Dilansir dari Tirto.id, Hari Pelanggan Nasional pertama kali dicetuskan oleh seorang pengusaha sekaligus pakar pemasaran pada tahun 2003 Handi Irawan. Setiap tahunnya Hari Pelanggan Nasional diperingati setiap tanggal 4 September.

Handi Irawan adalah seorang pengusaha berkebangsaan Indonesia yang memulai karirnya di dunia pakar pemasaran di Frontier Consulting Group yang juga merupakan sebuah perusahaan riset dan konsultasi marketing yang dirintisnya sejak tahun 1997.

Ia juga terkenal sebagai content and knowledge based speaker terbaik di Indonesia. Ia juga ikut berperan sebagai pemrakarsa dari berbagai macam acara pengharagaan populer di Indonesia, seperti; Top Brand Award, Indonea’s Most Admired Companies (IMAC), Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA), serta Marketing Award. Selain itu, Handi juga dikenal sebagai penulis dari buku-buku strategi pemasaran yang populer.

Pertama kali dicetuskannya ide soal Hari Pelanggan Nasional, banyak pihak yang mendukung ide ini. Berdasarkan laman haripelanggan.com, peringatan Hari Pelanggan Nasional ini bertujuan sebagai momen dalam memompa semangat perusahaan dan memuaskan pelanggan.

Peringatan Hari Pelanggan Nasional ini dicetuskan dari sebuah pemikiran dan pedalaman secara bertahun-tahun dengan memahami tingkah laku dari berbagai perusahaan di Indonesia. Handi menurutkan Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas  merupakan milik nasional.

Harpelnas ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari penghargaan terhadap pelanggan yang sudah memberikan kontribusi terhadap perkembangan suatu perusahaan. Ia pun menambahkan jika dengan adanya peringatan ini diharapkan perusahaan dapat belajar tentang esensi dari Harpelnas yang merupakan cetusan dari sebuah pemikiran serta pengalaman bertahun-tahun dalam memahami setiap tingkah laku dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Sambut Hari Pelanggan Nasional 2019
Sambut Hari Pelanggan Nasional 2019.

Hari Pelanggan Nasional ternyata juga memiliki logo yaitu berlambang senyum manusia dengan dasar berwarna hijau. Logo ini dibuat oleh salah satu The Best Ad Designer Indonesia. Makna logo ini adalah lambang senyuman manusia yang tulus ini memiliki arti sebuah kepuasan, seperti kepuasan pelanggan terhadap layanan dari perusahaan. Selain itu pemilihan warna hijau yang menggambarkan rasa bersahabat dan keramahan. Untuk pemilihan tipologi huruf kecil ini melambangkan sebuah sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.

Terkait dengan Hari Pelanggan Nasional, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI mengatakan jika indeks keberdayaan konsumen di Indonesia masih terbilang rendah. Hal ini menjadikan YLKI meminta pemerintah dan pelaku usaha untuk konsisten guna meningkatkan tingakt keberdayaan konsumen/pelanggan.

Hari Pelanggan Nasional setiap tahunnya selalu diramaikan dengan parade dan banjir promo serta diskon. Rangkaian diskon dan promo dari berbagai perusahaan dan penyedia jasa pun beragam. Selain itu Harpelnas juga diramaikan dengan event-event seperti Seminar Harpelnas, serta Parade Simpatik Harpelnas.

Parade Simpatik Harpelnas telah diselenggarakan pada 1 September 2019 lalu yang juga bertempatan dengan Car Free Day di Jakarta. Parade ini diikuti oleh sejumlah perusahaan dan BUMN yang ikut berpartisipasi di Hari Pelanggan Nasional.

Selain parade, Sejumlah gerai makanan, minuman, operator komunikasi, perbankan, penyedia jasam dan perusahaan lainnya banyak memberikan promo, diskon serta voucher bagi pelanggannya.

Beberapa bisnis yang ikut menawarkan promo pada Hari Pelanggan Nasional tahun ini antara lain KFC, Pizza Hut, Sushi Tei, Telkomsel, Astra Motor, serta perusahaan-perusahaan lainnya di Indoensia. Promo-promo ini diberikan oleh perusahan guna mengapresiasi pelanggan yang setia dan ikut berkontribusi dalam pengembangan usaha mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here