Sejarah Harbolnas di Indonesia hingga Tips Belanja 12.12

0
82
Puncak perayaan Harbolnas 12.12
Puncak perayaan Harbolnas setiap tahun 12.12

ceritatentang.com, Setiap tahun, puncak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dirayakan setiap tanggal 12 Desember. Itulah kenapa tagline yang paling terkenal adalah 12.12.

Harbolnas adalah suatu kampanye yang bertujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online agar lebih nyaman, dan bisa dilakukan kapan saja. Di sisi lain, kampanye ini juga memiliki tujuan dari segi industri yaitu untuk memajukan e-commerce yang ada di Indonesia.

Harbolnas 2019 masih akan berlangsung hingga bulan depan. Event tahunan ini memang sudah rutin dilangsungkan dan diikuti oleh bertambahnya partisipasi e-commerce setiap tahunnya. Tak herana jika perhelatan ini menjadi kampanye terbesar di dunia maya tanah air.

Namun, bagaimana sejarah munculnya Harbolnas Indonesia pertama kali?

Sejarah Pesta Belanja Online 12.12

Perayaan besar hari belanja online ini tak terlepas dari suksesnya perayaan Black Friday di Amerika Serikat.

Indonesia sudah menggelar hari belanja online ini sejak 12 Desember 2012 lalu. Saat itu ritel online yang meramaikan ada Zalora, Lazada, PinkEmma, BerryBenka, Traveloka, Bilna, dan e-commerce lainnya.

Hari belanja  online di Indonesia ini terinspirasi dari agenda sejenis yang sudah diikuti oleh negara-negara lain terlebih dahulu. Seperti Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Jepang, maupun Inggris, yang sudah punya hari perayaan Cyber Monday.

Cyber Monday ini terinspirasi dari tradisi Black Friday, kegiatan belanja versi offline di Amerika Serikat. Black Friday dilangsungkan setiap hari Jumat setelah Thanksgiving atau sebelum musim belanja menjelang Natal. Sehingga menjadi agenda tahunan terbesar di Amerika Serikat.

Inilah yang menginspirasi beberapa negara di dunia untuk melakukan kampanye yang sama meski dengan nama yang berbeda. Seperti di Arab Saudi dikenal dengan nama White Friday, atau di Meksiko bernama El Buen Fin. Berbeda dengan di Tiongkok yang bernama Single Day. Namun semuanya berkonsep sama.

Ternyata fenomena Harbolnas terbukti cara yang ampuh untuk menarik minat berbelanja masyarakat. Sebab, perusahaan ritel juga memberikan diskon besar, bahkan hingga 80 persen.

Tips Hari Belanja Online 12.12

Harbolnas 2019
Perayaan Harbolnas, berikut tipsnya

Hari belanja online nasional di Indonesia sudah dimulai sejak bulan September hingga puncaknya pada 12.12 nanti. Sebelum tanggal 12 Desember nanti yang pasti bertabur diskon, intip beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Beli di beberapa e-commerce

Saat kampanye hari belanja online, tidak akan cukup dengan berbelanja di satu e-commerce saja. Usahakan membeli di beberapa tempat biar semakin banyak untung yang kamu dapatkan untuk barnag yang sudah kamu inginkan.

2. Jangan Kalap Belanja

E-commerce memang memberikan diskon yang gila-gilaan ketika perayaan 12.12 ini. Pastikan kamu memilih barang yang benar-benar diinginkan. Jangan kalap dan bingung menentukan pilihan.

3. Rela Begadang Demi Mendapatkan Barang yang Diinginkan

11.11 atau 12.12 dimulai tepat pukul 00.00 WIB, hampir semua pembeli akan merasa antusias sekali untuk berburu diskon dan rela bergadang menantinya.

4. Lebih Enak Berbelanja di Rumah

Banyaknya diskon dan hasrat berburu barang dengan harga murah saat Harbolnas membuat kamu susah fokus kerja. Memang enak jika saat 12.12 sedang berada di rumah, kerjaan tidak terganggu barang diskon juga tidak kelewatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here