Simak Cara Memasak Daging Sapi Kecap Pedas yang Penuh Manfaat

0
23
daging sapi kecap pedas
daging sapi kecap pedas

Ceritatentang.com, Menu makanan dengan bahan dasar daging sapi ada di setiap daerah. Indonesia memiliki banyak jenis makanan dengan bahan dasar daging sapi seperti rendang, semur daging, sop daging, empal gentong. Menu olahan daging sapi yang akan dibahas kali ini adalah Daging Sapi Kecap Pedas.

Daging sapi memiliki sejumlah zat yang membantu tubuh menjadi lebih sehat. Pertama adalah zat besi. Zat ini menjadi kebutuhan penting bagi tubuh. Zat besini ini berfungsi untuk mencegah tubuh mengalami animea atau kekurangan darah merah akibat kurangnya asupan zat besi tinggi. Selain itum zat ini berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Kedua, ada protein. Daging sapi memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein inisangat penting untuk tubuh karena membantu perkembangan otak pada anak, serta bisa mempercepat pembentukan jaringan baru pada otot.

Ketiga ada Selanium. Zat ini penting bagi tubuh. Dalam proses pembentukan zat antioksidan dalam tubuhm maka kandungan selenium akan sangat dibutuhkan. Selain itu, zat ini bisa meningkatkan imunitas pada anak.

Keempat, ada Seng atau Zinc. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan metabolisme serta fungsi kekebalan tubuh. Jika kekurangan zat ini bisa menyebabkan adanya gangguan pada pengembangan fungsi reproduksi laku-laki yang juga bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh.

Kelima, ada vitamin B Kompleks. Vitamin ioni berfungsi untuk membantu kerja sistem saraf otak sehingga membantu kita menjaga konstreasi dan meningkatkan daya ingat.

Terakhir ada Omega 3. Selain dari ikan, rupanya zat ini bisa didapat dari daging sapi. Omega 3 ini membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat, dan hati. Karena setiap 150 gram daging sapi, makan terkandung 30 gram asam lemak Omega 3.

Dari sejumlah zat yang terkandung dalam daging sapi tentunya memiliki sejumlah manfaat yaitu, mencegah stroke dan diabetes, meningkatkan sistem imun, menjaga berat badan ideal, mempercepat penyembuhan luka, membantu fungsi jantung, serta menjaga kesehatan kulit. Namun, perlu diperhatikan cara memasaknya. Agar tidak membawa terlalu banyak lemak, daging sapi bisa diolah dengan cara di sup, atau di panggang.

Daging sapi kecap pedas menjadi salah satu pilihan cara memasak tanpa memperbanyak konsumsi lemak karena proses pemasakannya dengan cara di rebus. Berikut adalah cara memasak daging sapi kecap pedas:

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging yang sudah di potong dadu
  • 1 ruas lengkuas yang di memarkan
  • 2 batang serai yang di memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 10 buah cabai rawit utuh
  • 7 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula jawa
  • 750 ml air
  • 1 batang daun bawang yang sudah dipotong-potong
  • Garam secukupnya

Bahan Bumbu Halus :

  • 9 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 7 buah cabai keriting
  • 5 buah cabai rawit

Cara memasak

Pertama, siapkan panci sebagai wadah memasak. Kemudian masukan sedikit minyak lalu masukan 1 ruas lengkuas, 2 batang serai yang sudah dimemar, 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, dan 10 cabai keriting. Kemudian tumis kelima bahan yang menjadi bumbu halus tersebut hingga harum

Kemudian, masukan 750 ml air kedapalam panci dan tambahkan 7 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan gula jawa, serta garam secukupnya. Jangan lupa untuk memasukan 500 gram daging yang sudah dipotong dadu tadi. Setelah itu masak semua bahan hingga daging empuk.

Selanjutnya, masak daging beserta bahan-bahan lainnya hingga daging berminyak dan kuahnya menjadi kental. Setelah kuah mengental, Anda bisa menambahkan irisan daun bawang dan memasaknya hingga layu.

Setelah semuanya matang, daging sapi kecap pedas siap dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat.

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here