Simak Ini Cara Mengajari Anak Menulis

0
32
cara mengajari anak menulis
cara mengajari anak menulis

Ceritatentang.com, Anak yang baru mengenal huruf dan angka memang harus dilatih untuk membacah dan menulis semua huruf dan angka yang telah dipelajari secara rutin di rumah. Membaca, menulis, dan mengenal huruf-huruf kepada anak bisa dilakukan beriringan. Mengenal bentuk abjad bisa menjadi langkah awal yang dilakukan terlebih dahulu dari pada membaca dan menulis. Namun, melihat anak-anak yang masih agak sulit diajak untuk belajar, orang tua bisa mengikuti sejumlah cara mengajari anak menulis dari salah satu psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi.

Ada sejumlah cara mengajari anak menulis yang bisa diterapkan orang tua dalam mengajarkan anaknya. Berikut caranya :

Gunakan cara yang menyenangkan

Dalam belajar atau keseharian anak kerap kali cepat bosan. Namun, bagaimana cara mengakali agar anak tidak mudah bosan? Para orang tua bisa menggunakan cara belajar sambil bermain. Ajak anak untuk menuliskan namanya di atas kertas warna-warni dengan menggunakan crayon atau pensil warna yang berwarna-warni. Kemudian, orang tua jangan terlalu terburu-buru untuk menyuruh anak untuk menuliskan alfabet atau angka. Biarkan anak  berkreasi dengan krayon atau pensilnya dalam menuangkan imajinasinya di atas kertas.

Ajarkan menggengam pensil dengan benar

Orang tua perlu mengajarkan anak cara menggengam pensil yang benar. Pastikan anak bisa terbiasa dengan menggengam pensil agar anak bisa menulis. Ajari anak meletakan ibu jari dan telunjuk anak sudah bisa membentu ‘o’ dengan posisi pensil yang bersandar di jari ketiga dan keempat anak ketika tengah  menggengam pensil. Dengan begitu, anak akan lebih mudah serta nyaman ketika menulis.

Gunakan pensil pendek yang mudah digenggam

Sebagai langkah pertama anak dalam berlatih menulis, orang tua bisa memberikan mereka pensil dengan ukuran pendek karena mudah digenggam serta lebih seimbang dengan ukuran tangan dan jari anak.

Gunakan alat menulis selain pensil seperti krayon

Selain pensil, anak juga bisa menggunakan krayon non toxic menjadi sarana anak untuk menulis. Memberikan variasi alat tulis pada anak memliki tujuan agar anak tidak bosan ketika berlatih menulis. Dengan menggunakan krayon yang berwarna-warni membuat anak lebih antusias dan bersemangat.

Berlatih di mana saja

mencari suasana baru untuk mengajak anak berlatih menulis bisa menjadi salah satu caranya. Misalnya, orang tua bisa mengajak anak berlatih menulis dalam aktivitas berlibur atau bermain ke ruang terbuka. Misalnya, ketika sedang berada di pantai orang tua bisa mengajak anak untuk menulis diatas pasir dengan menggunakan tongkat kayu. Atau ketika Anda sedang berada di taman bisa menggunakan media ranting atau batu sebagai alat menulis di atas tanah.

Berlatih dengan menebalkan garis

Cara mengajari anak dengan metode ini mungkin sudah banyak dilakukan, terutama di sekolah-sekolah untuk usia dini. Biarkan anak Anda untuk memilih gambar yang paling disukainya, misalkan hewan. Anak bisa dengan antusian mempelajarinya, mulai dari bentuk hewan hingga namanya. Anak juga bisa belajar menulis dengan menebalkan huruf dengan garis putus-putus.

Mengenalkan huruf secara bergantian

Anak bisa diajarkan untuk menulis huruf secara bergantian. Misalkan dengan mengajarkan anak menulis huruf besar E, T, dan F akan lebih mudah diikuti anak dibandingkan huruf besar A atau H. Ajari anak dengan penuh kesabaran dan konsisten.

Latih menulis angka

Usai anak dapat menulis huruf dengan baik, orang tua bisa mengajarkan anak menulis angka. Pertama, jelaskan dulu bentuk dasar seperti dua lingkaran setengah dalam menulis angka 3, atau dua lingkaran kecil dalam menulis angka 8.

Beri Pujian

Memberikan pujian kepada anak dalam proses pembelajaran membuat anak lebih percaya diri dalam belajar. Menghargai usaha anak jauh lebih penting, lihat prosesnya dan jangan terlalu kritis atau mendikte dalam menilai hasilnya. Jika kurang bagus hasilnya kita bisa mengajarkannya lagi dengan kesabaran dan ketekunan, jangan sampai memberikan kritikan yang dapat meruntuhkan rasa percaya diri anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here