Simak Kiat Cepat Tanggap Hadapi Tanah Longsor

0
43
longsor
longsor

Ceritatentang.com, Dilansir dari Wikipedia, Longsor atau yang disebut juga dengan gerakan tanah merupakan peristiwa geologi yang terjadi akibat adanya pergerakan massa batuan atau tanah dengan tipe dan jenis jatuhnya. Jenisnya bisa berupa bebatuan atau gumpalan tanah besar.

Secara umum hal ini disebabkan oleh dua faktor yakni faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi material yang terabrasi, sedangkan untuk faktor pemicu merupakan faktor yang menyebabkan pergerakan material tersebut. Meski penyebab utamanya adalah gravitasi pada lereng curam, namun terdapat pula faktor lainnya yang mempengaruhi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi berupa erosi, yaitu peristiwa pemicu longsor yang disebabkan aliran air pada permukaan atau air hujan, sungai, atau gelombang laut yang menggerus lereng-lereng sehingga membuat dataran tersebut semakin curam. Lereng dari bebatuan dan tanah menjadi rentan akan ini diakibatkan oleh hujan yang lebat.

Selain itu gempa bumi bisa menjadi salah satu faktor pemicunya. Gempa bumi yang menyebabkan getaran ini memberikan tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang yang lemah pada massa batuan dan tanah sehingga mengakibatkan longsor pada lereng. Kemudian faktor kelebihan beban pada lereng tersebutl, misalkan adanya rumah-rumah yang menempati lahan-lahan itu dan menyerap kadar air yang ada di dalam tanah dan menyebabkan tanah semakin kekurangan air dan mengering sehingga mudah hancur atau terburai.

Bencana longsor sering kali memakan korban jiwa karena tanda-tandanya yang sulit diprediksi. Lalu bagaimana caranya untuk menghadapi salah satu bencana paling mematikan ini ?

longsor
Bencana Tanah Longsor yang Terjadi di Pemukiman.

Berdasarkan Buku Saki Tanggap Tangkas Tanggung Menghadapi Bencana yang diterbitkan BNPB terdapat tiga fase aksi tanggap bencana tanah longsor, yaitu :

Pra-bencana

Ini merupakan fase pencegahan atau meminimalisir terjadinya bencana tanah longsor. Tahapan ini memberikan pengarahan untuk mengurangi tingkat kemiringan atau keterjalan permukaan lereng serta air tanah. Fungsi drainase haru di perhatikan dengan menjauhkan air dari lereng, serta menghindari air meresap ke dalam lereng atau menguras air lereng di dalam lerek . Drainase ini harus dijaga jangan sampai tersumbat atau meresap kedalam tanah.

Setelah itu membuat bangunan penahan, jangkar, serta pilling untuk tanah longsor. Lalu, hindarkan daerah rawan bencana untuk membangun pemukiman dan fasilitas utama. Pembuatan terasering dengan menggunakan sistem drainase yang tepat, serta melakukan penghijauan dengan tanaman yang sistem akarnya dalam dan menanam dengan jarak yang tepat.

Ketika Bencana Datang

Saat bencana longsor melanda sekitar pemukiman segeralah melakukan evakuasi dengan menjauhi suara gemuruh atau arah datangnya longsoran. Hal ini diharapkan bisa mengurangi jumlah korban jiwa.

Ketika adanya longsor biasanya ada sirine yang akan berbunyi, Ketika sirine ini berbunyi segelarah melakukan evakuasi ke zona evakuasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Hal terpenting adalah jangan panik dan tetap tenang, terus berjalan menjauhi arah datangnya longsor. Jika memungkinkan lakukan pertolongan untuk orang-orang yang lemah seperti lansia, bayi, atau orang yang sakit. Cobalah bertahan di tempat terlindungi atau zona evakuasi hingga situasi sudah dinyatakan aman. Kemudian hubungi pihak yang terkait dengan penanganan bencana seperti PMI, Satlak PB, Polisi, atau TNI.

Pasca Longsor

Usai longsor terjadi jangan sekali-kali mendekati wilayah yang mengalami peluruhan tanah karena kondisi tanah bisa jadi belum stabil dan bisa membahayakan diri. Bencana ini terkadang mengubur seluruh desa, pemerintah dan masyarakat nantinya akan merelokasi desa tersebut hingga kondisi tanah disana bisa dinyatakan stabil atau mungkin akan merelokasi desa secara permanen. Terakhir, ketika hujan turun setelah bencana terjadi, waspadai longsor susulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here