Apa Itu Susu Evaporasi dan Bagaimana Cara Membuatnya?

0
31
Susu evaporasi dan kandungannya
Apa itu Susu evaporasi?

ceritatentang.com, Pernah mendengar susu evaporasi? Susu yang teksturnya kental namun berbeda dengan susu kental manis, sebab terbuat dari susu sapi dan tidak menggunakan gula tambahan. Biasanya jenis susu yang satu ini menjadi bahan tambahan sebuah makanan atau campuran adonan kue.

Evaporated milk ini susu sapi yang kadar airnya 60 persen dihilangkan dengan cara dipanaskan, lalu mengental. Sehingga bila disimpan dalam waktu lama tidak akan basi. Kandungan laktosa, lemak, mineral, vitamin, dan kalsium yang ada dalam susu sapi yang dipanaskan tersebut tetap dipertahankan selama prosesnya. Inilah kenapa warna evaporated milk cenderung kuning, yaitu akibat terciptanya karamel selama proses pemanasan.

Cara ini sudah ditemukan sejak lama, jaman ketika kulkas belum ditemukan. Ini merupakan metode menyimpan susu agar bisa bertahan lama tanpa mengurangi kadar nutrisi di dalamnya. Cara mengkonsumsinya cukup dengan menambahkan air dalamnya.

Layaknya susu biasa, susu yang sudah dipanaskan ini juga mengandung banyak protein. Diperkirakan 30 ml evaporated milk mengandung 2 gram lemak, dengan 1,5 gramnya mengandung lemak jenuh. Di mana sudah memenuhi 7 persen asupan lemak jenuh harian tubuh kita, mengandung 2 gram protein yang membantu mencukupi 4 persen kebutuhan protein tubuh harian, serta mengandung 80 mg kalsium.

Selain mengandung banyak nutrisi, susu ini juga baik dimasukkan dalam diet. Sebab bisa disimpan dalam waktu yang lama. Namun, jika sudah dibuka sebaiknya langsung dikonsumsi. Bisa memilih evaporated milk kemasan kaleng yang rendah lemak atau tidak, tergantung pada kebutuhan dietnya. Bisa jadi campuran teh, kopi, sup, masakan, kue, serta resep makanan lainnya.

Membuat susu evaporasi sendiri dengan mudah di rumah

Susu evaporasi
Cara membuat susu evaporasi

Susu yang dievaporasi ini tidak hanya bisa ditemukan dalam bentuk kemasan, namun bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan tidak banyak, hanya 5 cangkir susu sapi saja. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tuang 3 cangkir susu sapi dalam panci.
  2. Gunakan tusuk sate atau sumpit kayu untuk mengukur kedalaman susu. Celupkan benda kayu tersebut ke dalam panci yang berisi susu sapi.
  3. Tandai seberapa tinggi kedalaman susu pada sumpit atau tusuk yang digunakan dengan pensil
  4. Masukkan 2 cangkir susu sapi sisanya, lalu biarkan sumpit kayu penanda tadi berada di dalam panci
  5. Rebus susu sapi dalam panci sambil diaduk
  6. Jika susu sudah mengental atau berkurang hingga tanda pada sumpit, matikan kompor.
  7. Susu siap untuk disantap dan dinikmati hingga 1 minggu ke depan, dan jangan lupa susu evaporasi disimpan di dalam kulkas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here