Terapkan Protokol 3M Setiap Saat agar Terhindar dari Bahaya Covid-19

0
16
Covid-19
Terapkan Protokol 3M Setiap Saat agar Terhindar dari Bahaya Covid-19

Ceritatentang.com, Pandemi Covid-19 belum usai dari Indonesia bahkan dunia. Meski angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia terus meningkat, namun kasus terkonfirmasi positif virus Corona masih terus bertambah dan meningkat setiap harinya. Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker guna mencegah penularan virus Corona.

Hal itu juga merupakan rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang mengatakan bahwa penularan virus bisa ditekan dengan protokol kesehatan. Terlebih kini pemerintah telah menerapkan kebiasaan baru (new normal) untuk memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi negara. Sehingga masyarakat telah kembali kepada aktivitas biasanya namun dengan beberapa aturan baru dan tertentu.

Meski begitu, pemerintah juga mengupayakan pengadaan vaksin untuk menyegerakan vaksinasi di Indonesia. Kini pemerintah juga telah mendatangkan beberpa juta vaksin namun belum bisa diizinkan untuk digunakan.

Masyarakat tentu juga sangat bosan dengan kondisi saat ini yang terkekang dan terbatas. Di lain hal, tak terelakkan rasa khawatir juga muncul takut akan tertular virus Corona yang kini telah merebak dimana-mana. Lebih menakutkannya lagi, orang yang memiliki penyakit bawaan dan terpapar koronavirus berisiko gagal nafas dan meninggal.

Oleh karena itu, masyarakat mungkin bisa mulai patuh dan menerapkan kebiasaan baru untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Masyarakat bisa mulai kembali bekerja di kantor, beribadah, dan lainnya namun dengan aturan pemerintah membatasi kapasitas dan pembagian waktu.  Maka teruslah menerapkan protokol kesehatan yang diimbau oleh pemerintah.

Jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain untuk mencegah terpapar droplet orang lain. Lalu rajinlah mencuci tangan terutama saat menyentuh benda-benda ditempat umum. Yang terpenting gunakanlah masker kapanpun dan dimanapun. Kalian juga harus menghindari menyentuh bagian wajah saat kondisi tangan tidak steril.

Covid-19 merupakan virus SARS-Cov19 yang menyerang bagian pernafasan manusia. Gejala yang akan dirasakan tentu beragam mulai dari ringan hingga berat, ada pula orang tanpa gejala. Umumnya penderita akan mengalami batuk, pilek, demam, nyeri sendi dan sesak nafas. Penularan virus ini sendiri melalui droplet atau percikan saat batuk dan bersin.

Pada seseorang dengan imunitas tubuh baik, virus Corona bisa dapat sembuh dengan sendirinya. Namun juga dapat meningkat dengan gejala berat bagi orang-orang yang memiliki imunitas lemah terutama pemiliki penyakit penyerta.

Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat setidaknya akan menekan penularan virus Corona pada dirimu. Maka ingatlah selalu untuk menerapkan protokol kesehatan 3M untuk menyelamatkanmu dan keluargamu. Saat pulang dari berpergian, langsung lepas dan cuci pakaianmu serta bersihkan tubuhmu dengan mandi.

Bawalah hand sanitizer saat berpergian jika memang sulit mencuci tangan. Rajinlah menyemprotkan rumah dan ruang kerja dengan disinfektan. Kamu juga harus rutin mengganti dan mencuci maskermu. Terpenting adalah jagalah imunitas dan kesehatan tubuhmu dengan makan makanan sehat dan minum vitamin selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here