Tips SehatQ.com Atasi Diare dengan Obat alami

0
8
obat diare alami

Diare merupakan kondisi tidak sehat pada bagian pencernaan manusia. Kondisi ini sangat tidak nyaman bagi penderitanya. Itu karena gejala yang dirasakan biasanya berupa buang air besar (BAB) berair, perut kembung, serta kram perut. Gejala kerap kali berlangsung selama 3 sampai 5 hari. Penyebabnya yang sering terjadi adalah keracunan makanan atau salah makan yang kemudian terjadi infeksi virus, infeksi bakteri dan efek samping penggunaan antibiotik.

Jenis virus penyebab kondisi kesehatan satu ini adalah rotavirus dan noravirus yang mudah sekaki menular. Diare infeksius umumnya terjadi pada anak kecil yang di sebabkan oleh virus tersebut. Sedangkan bakteri yang sering menyebabkan diare yakni shigella, salmonella, dan E.coli. Kuman yang ada pada feses tersebut biasanya mengkontaminasi tangan, makanan, air, serta perlengkapan makan, sehingga akhirnya masuk kedalam saluran pencernaan orang lain melalui mulut.

Mengatasi kondisi ini biasanya akan disarankan untuk pergi ke dokter dan mendapatakan penanganan yang tepat. Namun bisa juga dengan memberikan obat alami dari bahan-bahan alami di sekitar yang mudah ditemui.

Berikut obat alami yang bisa bantu atasi diare, diantaranya:

1. Garam dan gula

Campuran garam dan gula sering di sebut oralit buatan sendiri. Ini merupakan salah satu obat diare paling ampuh dengan bahan yang mudah di dapat di rumah. Cara membuatnya juga sangat sederhana, cukup dengan melarutkan enam sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam pada 1000ml air, aduk hingga rata kemudian minum segelas tiap 4-6 jam sekali. Manfaat gula dan garam tersebut mampu memgurangi dehidrasi pada tubuh kalian akibat diare.

2. Air Jahe

Jahe memiliki khasiat meringankan rasa nyeri karna mempunyai kandungan baik antibakteri yang membuat perut terasa lebih hangat ketika dikonsumsi. Minumlah air rebusan jahe untuk membantu menghangatkan perut dan meredakan rasa nyeri. Air jahe sangat mudah di buat dirumah, cukup sediakan 2 ruas jahe yang di iris, rebus irisan jahe tersebut dalam satu liter air dan minumlah selagi hangat. Bisa juga kalian tambahkan gula agar menciptakan rasa manis pada jahe ketika diminum.

3. Jus wortel

Jus dari wortel juga di percaya jadi obat alami, itu karna wortel memiliki kandungan pektin yang bisa membuat fases dikeluarkan lebih padat. Cara membuat jus ini juga sangat praktis. Haluskan wortel menggunakan blender yang di beri tambahan sedikit air.

4. Pisang

Buah asamfolat satu ini juga punya banyak sekali khasiat. Itu karena pisang kaya akan nutrisi baik. Sama halnya seperti wortel, mengonsumsi pisang yang juga mengandung pektin akan mampu menyerap cairan dalam usus. Selain itu pisang juga memiliki kandungan kalium yang bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.

5. Daun Jambu Biji

Daun dari buah jambu biji merupakan obat alami yang terkenal paling ampuh. Mendapatkannya mungkin tidak sulit dan juga tidak memgeluarkan banyak biaya untuk membuat ramuan ini dari daun ini. mengonsumsinya cukup dengan meminum air rebusannya saja. Air rebusan daun jambu biji sangat ampuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri E.coli dan Staphylococcus aureus.

Itulah lima dari banyaknya bahan alami yang membantu menyebuhkan diare. Perlu diperhatikan pula konsumsi mineral saat dikondisi berikut, karena akan sangat kekurangan cairan yang bisa menyebabkan dehidrasi. Jika obat alami atau obat yang terjual bebas di apotek sudah tidak mampu lagi menyebuhkan, segeralah pergi ke dokter agar bisa mengetahui pasti penyebab penyakit yang dirasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here