Berikut Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Saat Ramadan

0
40
Tips berburu tiket pesawat murah menjelang ramadan yang perlu kamu tahu
Tips berburu tiket pesawat murah menjelang ramadan yang perlu kamu tahu

Ceritatentang.com, Harga tiket pesawat memang akan melonjak menjelang memasuki bulan ramadan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di perantauan karena akan mudik lebaran ke kampung halaman. Mudik menjadi agenda wajib untuk berkumpul bersama keluarga dan karib kerabat di kampung halaman.

Buat kamu yang juga berencana mudik lebaran tahun ini, kamu harus menyiasati agar budget yang tersedia cukup untuk perjalanan mudik. Terlebih melihat harga tiket penerbangan domestik saat ini mencapai kenaikan hingga dua kali lipat. Meskipun pemerintah berusaha mencari alternatif lain menurunkan harga tiket penerbangan khususnya saat mudik lebaran nanti, tetap saja kamu perlu mencari siasat untuk menekan budget untuk mudik nanti.

Lalu apa saja tips agar mendapatkan tiket lebih murah dan mudah? Berikut kami rangkum untuk kamu.

Gunakan Rute Alternatif

Jika tidak menemukan tiket murah pada penerbangan langsung, kamu bisa mencoba jalur alternatif dengan memilih connecting flight atau tidak langsung ke bandara di kota tujuan kamu.

Misalnya, jika kamu ingin mudik ke Medan atau Pekanbaru dari Jakarta, kamu bisa memilih penerbangan ke Malaysia atau Singapura dulu baru kemudian ke Pekanbaru. Cara ini dinilai lebih efektif dan hemat dari segi ongkos pesawat. Atau jika kamu ingin mudik ke Banjarmasin, kamu bisa memilih rute alternatif ke Palangkaraya. Lalu melanjutkan dengan perjalanan darat selama 4 jam dari Palangkaraya ke Banjarmasin.

Berburu Tiket Pesawat dari Awal

Tips berburu tiket pesawat murah menjelang ramadan
Tips berburu tiket pesawat murah menjelang ramadan

Tips agar tidak kehabisan atau menghindari harga tiket yang mahal saat bulan ramadan atau menjelang hari raya, kamu bisa memulai pencarian tiket sejak jauh-jauh hari sekitar 30-60 hari sebelum lebaran. Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan, pada rentang waktu itulah terjadinya sekitar 55 persen pemesanan tiket pesawat. Pada rentang waktu itu juga masih banyak promo lebaran yang diberikan oleh berbagai maskapai.

Beli Tiket dalam Jumlah Sedikit

Jika kamu ingin merencanakan mudik dengan teman-teman, saudara, atau keluarga, sebaiknya membeli tiket secara terpisah. Biasanya maskapai hanya memberikan promo untuk penumpang tunggal atau untuk pasangan saja. Nominal harga akan berubah atau tiket sudah tidak tersedia ketika kamu memesan tiket dalam jumlah banyak. Ketika memesan satu atau dua tiket saja, penerbangan yang sama akan muncul.

Manfaatkan Diskon Tiket Pesawat

Memesan tiket pesawat secara online biasanya memberikan banyak keuntungan, salah satunya diskon pesawat yang besar demi menarik pemudik. Diskon ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan potongan harga ratusan ribu yang cukup menguntungkan jika dikalkulasikan. Terlebih ketika kamu juga menggunakan kartu kredit tertentu yang juga memberikan diskon atau cashback. Untungnya jadi makin berlipat deh.

Berburu Tiket di Malam Hari

Maskapai Low Cost Carrier (LCC) biasanya mulai menjual tiket pada pukul 23.00 WIB. Inilah waktu yang cocok buat kamu untuk berburu tiket karena tidak akan banyak yang melakukan hal serupa. Sehingga kamu akan punya pesaing yang sedikit. Hanya dengan mengorbankan sedikit waktu tidur di malam hari saja, kamu bisa mendapatkan promo yang menarik. Sambil menunggu waktu sahur di bulan ramadan nanti, kamu juga bisa sekalian berburu tiket murah.

Pilih Penerbangan Dini Hari

Tiket penerbangan menjelang dini hari biasanya dijual lebih murah karena pemudik biasanya lebih menyukai penerbangan siang atau sore hari. Padahal untuk beberapa maskapai sering memberangkatkan pesawat dini hari dengan harga tiket lebih murah karena minim peminat. Tidak apa-apa berangkat agak lebih cepat demi bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Pilihlah Hari Keberangkatan yang Tepat

Pastikan hari keberangkatan mudik di bulan ramadan sudah sesuai dengan jadwal penerbangan. Pilih hari dimana biasanya tiket pesawat dijual lebih murah, seperti Selasa, Rabu, dan Kamis. Sementara untuk hari libur seperti Jumat, Sabtu, Minggu, serta tangal merah, harga tiket biasanya lebih mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here