Tips dan Cara Membuat Adonan Puff Pastry Anti Gagal

0
20
cara membuat adonan puff pastry
Cara membuat adonan puff pastry di rumah dan anti gagal.

Ceritatentang.com, Makanan puff pastry sudah pasti tak asing lagi jika mendengar nama ini dan banyak yang menyukai panganan jenis ini. Rasa gurih serta bertekstur renyah dan memiliki beberapa lapisan kulit tipis yang mudah hancur ketika di gigit ini sangatlah menggoda para pecinta makanan untuk menyantapnya. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat adonan puff pastry dan ingin membuatnya sendiri.

Puff pastry biasa digunakan sebagai pembungkus dengan sejumlah isian tertentu seperti apple pie, zuppa soup, bolen pisang, daging cincang, dan sebagainya. Kini puff pastry pun bisa dikombinasikan dengan kue atau bolu lho dan disampung dengan berbagai macam topping seperti keju atau coklat.

Untuk membuat puff pastry yang sempurna dengan lapisan-lapisan renyah di setiap lapisnya ini memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Orang akan lebuh menyukai untuk membeli kuli pastry yang sudah jadi dan dijual di toko-toko swalayan. Meski begitu, membeli bukan berarti hasilnya akan lebih enak. Yuk coba buat sendiri dengan resep ini di rumah!

Berikut adalah cara membuat adonan puff pastry yang bisa diikuti di rumah:

Bahan Membuat Puss Pastry

Sebelum membuat adonan puff pastry ada yang perlu disiapkan yaitu bahan-bahannya. Berikut daftar bahannya:

  • 250 ml air es
  • 500 gram tepung terigu dengan protein tinggi
  • 20 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 250 gram korsvet
  • 15 gram garam
  • 50 gram margarin
  • Selai coklat atau kacang secukupnya
  • Kismis secukupnya
  • Gula pasir untuk taburan secukupnya

Cara Membuat

  • Tahap pertama, campurkan gula pasir, terigu rendah protein, serta garam di wadah bersih. Kemudian masukan telur satu per satu sambil diaduk dan diremas-remas menggunakan tangan.  Jangan lupa tuangkan air sedikit sedikit sambil diuleni semua adonannya hingga bahan tercampur dengan rata.
  • Setelah itu tambahkan margarin, dan uleni lagi hingga adonan menjadi cukup licin dan cukup untuk ditambahkan korvset. Selanjutnya bungkus dengan menggunakan plastik dan simpan dalam waktu beberapa saat di dalam lemari pendingin.
Cara membuat adonan puff pastry anti gagal.
  • Setelah didinginkan selama beberapa saat di lemari pendingin, gilas adonan menggunakan roling pin dan letakkan korvset pada bagian tengah adonan. Selanjutnya lipat menjadi bentuk amplop dan hilas hingga adonan menebal ½ cm.
  • Kemudian, adonan dilipat dari sisi kanan ke arah dalam hingga 2/3 bagian tengahnya. Lalu, lipatlah ke sisi kiri ke arah dalam sebanyak sisanya. Lanjut, gilas adonan dan simpan di dalam lemari pendingin selama sepuluh menit. Lakukanlah proses sebanyak 3 kali atau lebih untuk memperoleh lapisan yang diinginkan. Setelah itu, adonan siap untuk dibentuk.
  • Untuk membentuk adonan, gilaslah adonan dengan tebal setengah centi dan potong-potong dengan bentuk persegi. Selanjutnya, Anda dapat memberi bahan isi seperti coklat atau selai kacang di tengam, dan lipat dengan bentuk segitiga.
  • Setelah diberi isian, oleskan bagian luar adonan dengan kuning telur dan taburi dengan gula pasir dan kismis secukupnya pada bagian atas adonan. Selanjutnya Anda bisa memanggangnya hingga matang.

Puff Pastry isi buatan sendiri pun siap untuk disantap!

Dalam membuat puff pastry tentu diperlukan ketelatenan yang baik agar menghasilkan adonan puff pastry yang sesuai dengan keinginan. Berikut adalah sejumlah tips untuk membuat puff pastry anti gagal:

Gunakan Bahan Segar dan Berkualitas

Tentunya untuk mendapatkan hasil puff pastry yang renyah dan lezat diperlukan bahan-bahan yang berkualitas dan segar. Bahan-bahannya antara lain tepung terigu dengan  protein tinggi, korvset atau pastry shortening atau mentega khusus pastry, margarin, kuning telur, garam dan air dingin. Pastikanlah bahan-bahan ini segar terutama untuk kuning telurnya agar hasil puff pastry jadi lebih bagus.

Perhatikan Cara Mencampur Bahan

Pastikan untuk mencampur bahan-bahan membuat adonan puff pastry dengan menggunakan mikser dengan kecepatan paling rendah dalam waktu yang sebentar. Kemudian bungkus adonan dengan menggunakan plastik wrap dan simpanlah di lemari pendingin.

Hati-hati Ketika Menggiling Adonan

Agar hasil puff pastry sukses perhatikan juga cara Anda menggiling adonan. Sebelum menggiling adonan jangan lupa untuk menaburi tepung terigu diatas dan bagian bawah adonan agar tidak lengket. Giling adonan dengan menggunakan rolleng pin dan isi dengan korvser atau mentegea khusus pastry. Jangan giling adonan dengan terlalu kuat, hal ini bisa membuat korvset menjadi pecah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here