Tips Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Dilakukan Dirumah

0
19
Olahraga Mengecilkan Perut
Tips Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Dilakukan Dirumah

Ceritatentang.com, Hai, gimana nih masih pusing dengan perut buncit? Disini kita akan bagi tips olahraga mengecilkan perut. Perut yang bucit tentu manjadi masalah dalam berpenampilan. Kalian pasti akan merasa tidak percaya diri, serta sulit memilih pakaian. Para wanita umumnya sangat benci memiliki perut yang buncit. Akan tetapi tahukah kamu bahwa perut yang buncit juga memiliki banyak risiko kesehatan.

Perut yang membuncit diakibatkan oleh tumpukan lemak yang berasal dari karbohidrat, kolesterol serta lemak jenuh yang dikonsumsi sehari-hari. Pola makan serta gaya hidup yang buruk akan membuat tumpukan lemak tersebut semakin membesar di beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah perut sehingga akan terlihat gendut.

Permasalahan berat badan biasanya sering diatasi dengan diet. Namun diet saja tidak cukup untuk mengecilkan perut. Kalian harus mampu mengimbanginya dengan berolahraga untuk membakar tumpukan lemak tersebut.

Berikut adalah beberapa tips gerakan olahraga mengecilkan perut yang mudah dilakukan di mana saja bahkan saat santai di rumah.

1. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang mampu mengatur ketenangan sehingga menghilangkan stress dan menurunkan berat badan juga. Yoga merupakan olahraga yang dapat membakar banyak kalori, serta menawarkan beragam manfaat untuk memicu penurunan berat badan.

Berdasarkan studi orang yang berlatih yoga selama 90 menit dalam sepekan mampu mengurangi ukuran lingkar pinggang hingga 3,8 cm. Selain membakar kalori, yoga bisa meningkatkan sugesti untuk tidak mengonsumsi makanan yang tak menyehatkan, mengontrol makan berlebih, dan memahami waktu lapar.

2. Plank

Tentu semua sudah tahu bahwa plank merupakan salah satu gerakan mengecilkan perut yang sangat ampuh. Pasalnya, plank akan melatih otot perut dan otot yang mengelilingi perut serta membantu mendukung postur yang sehat. Mulailah dalam posisi push-up dengan tangan di samping dan kaki selebar bahu. Agar lebih nyaman, lakukan latihan ini di atas matras yoga tipis atau permukaan lain yang nyaman dan empuk.

Untuk melakukannya, tarik napas terlebih dahulu kemudian mulai angkat tubuh dengan lengan sampai sejajar dengan lantai. Cobalah untuk menstabilkan tubuh saat posisi plank selama mungkin sembari mengambil napas lambat. Cobalah latihan ini dengan meningkatkan durasi setiap set. Lakukan set pertama sema 30 detik dan tingkatkan satu menit di set berikutnya.

3. Sit Up

Sit up merupakan salah satu jenis latihan olahraga dasar yang berfokus pada bagian perut. Gerakan sit up memusatkan kontraksi otot pada bagian perut sehingga bisa mengurangi lemak di perut. Selain itu, sit up mampu meningkatkan performa atletik seseorang serta menyeimbangkan postur tubuh. Manfaat lainnya adalah meningkatnya kesehatan pernapasan perut. Ini juga merupakan olahraga yang mudah dilakukan dimanapun tanpa membutuhkan alat apapun, tetapi kamu bisa menggunakan matras olahraga saat melakukan sit up.

4. Latihan Interval

High Intensity Interval Training atau biasa disebut HIIT merupakan olahraga kardio intensitas tinggi yang dilakukan dengan durasi singkat, yaitu 10 hingga 30 menit saja. Studi menyebut dengan melakukan HIIT, maka mampu membakar 25-30 kalori per menitnya. Jika dibandingkan pilihan olahraga lainnya, HIIT mampu lebih cepat membakar kalori. Selain membakar banyak kalori, HIIT juga dinilai efektif membakar lemak pada perut, yang bila dibiarkan dapat memicu penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

5. Zumba

Tentu bosan melakukan olahraga statis dirumah saja ya. Jika kamu bosan, zumba bisa jadi pilihan olahraga mengecilkan perut buncitmu. Alunan musik yang mengiringi bisa memicu tubuh lincah bergerak dan lebih bersemangat. Berdasarkan sebuah studi, melakukan zumba selama 39 menit mampu membakar 300 sampai 368 kalori dalam tubuh.

Gerakan zumba melibatkan seluruh anggota tubuh, sehingga perut sebagai salah satu tumpuan beban dan banyak bergerak akan terdampak cukup banyak. Biasanya akan lebih asyik melakukan zumba di sanggar senam. Namun tak harus dilakukan di sanggar senam, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan panduan video. Mengingat di masa pandemi kita masih harus mengurangi intesitas kontak.

Itulah beberapa tips olahraga mengecilkan perut yang mudah kamu lakukan sendiri di rumah. Tentu pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang untuk tetap hidup sehat dan berolahraga. Serta menjaga bentuk tubuh agar tetap terlihat indah dan sehat ya teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here