Ingin Wakaf tapi Belum Punya Tanah? Simak Cara Lainnya

0
31
Wakaf
Mulailah wakaf dari sekarang

Ceritatentang.com, Bagi orang muslim, kata wakaf tentunya gak asing lagi. Namun, masih banyak yang belum paham dengan jelas bagaimana bentuk ibadah yang satu ini dengan menggunakan uang. Yuk simak berikut ini.

Wakaf berasal dari Bahasa Arab dengan kata dasar ‘Waqf’ yang berarti menahan, diam atau berhenti. Sedangkan menurut Hanabilah, berarti menahan asal harta (tanah) dan menyedekahkan manfaat yang dihasilkan.

Praktil sedekah ini sudah diterapkan sejak zaman Rasulullah SAW. Seperti mewakafkan sumur dan juga kebun yang pernah dilakukan oleh Ustman bin Affan dan Umar bin Khatab. Banyak juga negara di dunia dengan mayoritas penduduknya beraga Islam, harta dari berwakaf ini sudah memberdayakan produktivitas umat masa ke masa.

Bahkan banyak infrastruktur publik yang disokong oleh adanya harta sedekahan ini. Seperti rumah sakit, gedung perkantoran. lahan strategis, perkebunan, sekolah, dan juga pertanian.

Menurut Undang-undang No 41 Pasal 16 Tahun 2004 ada beberapa jenis harta yang bisa diwakafkan yaitu harta lain atau benda yang tidak bergerak yang sesuai dengan syariah serta perundang-undangan yang berlaku, bangunan hak milik yang berdiri di atas tanah yang sijelaskan, harta lain atau benda yang bergerak, tanah hak milik, rumah hak milik, tanaman atau benda lain, harta tidak bergerak, dan harta yang bergerak.

Berwakaf dengan Uang

Wakaf
Wakaf dengan uang

Harta yang biasanya diwakafkan adalah tanah atau rumah. Lalu, apakah bisa berwakaf dengan uang jika tidak punya harta benda?

Bisa kok, kita bisa beribadah dan menjalankan niat baik dengan berapapun besaran harta yang dimiliki, tidak harus melulu dengan rumah dan tanah.

Perlu digarisbawahi bahwa ibadah ini beda dengan zakat yang punya nisab. Jadi jika ingin berwakaf, kamu tidak akan terpaku dengan banyaknya harta juga tidak ada batasan minimal. Setiap harta yang diwakafkan harus bisa dijaga dan dioptimalkan agar manfaatnya bisa terus dirasakan.

Bagi kamu generasi milenial, kamu tetap bisa beribadah kok, berwakaf dengan uang. Apa itu?

Cara kerjanya adalah uang yang diberikan tersebut digunakan untuk membeli atau dijadikan harta benda bergerak atau tidak bergerak sesuai dengan keinginan dari sang wakif. Bisa juga berupa proyek atau program yang ditawarkan pada wakif, bisa untuk keperluan produktif dan investasi, atau untuk keperluan sosial.

Jika dengan uang, kamu harus menyebutkan dengan jelas untuk apa uang tersebut dikumpulkan, misalnya untuk membangun masjid, membangun sekolah, dan sebagainya.

Tetapi jika uang yang dikumpulkan untuk tujuan produktif atau investasi, kamu juga harus menyebutkan siapa penerima manfaatnya (mawquh alayh) atau penyaluran keuntungannya.

Intinya, jika kita belum memiliki harta benda untuk diberikan pada jalan kebaikan, bisa menggunakan uang. Lalu uang tersebut dikumpulkan untuk digunakan membeli barang atau mewujudkan apa yang menjadi keinginan dari berwakaf. Mauquf tersebut tidak boleh dijual, diwariskan, dan dihibahkan.

Para Ulama yang merupakan ahli hadist juga menyimpulkan bahwa yang dimaksud sedekah jariyah dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, salah satunya merupakan harta yang diwakafkan. Sebab pahalanya akan terus menerus mengalir dan tidak akan terputus.

Dalil tersebut juga bermana bahwa tidak ada yang dibedakan apapun asetnya, termasuk juga uang. Karena nanti penyalurannya akan sesuai dengan tujuan dari pewakaf. Jika ingin berwakaf tanah, maka uang yang diserahkan pada nazir akan dibelikan tanah sebagai asetnya.

Bisa juga dibelikan untuk aset yang tidak habis umur produksinya serta aset yang berjangka waktu panjang sehingga akan menjadi sedekah jariyah yang pahalanya akan terus mengalir.

Wakaf dengan uang membuka peluang bagi semua masyarakat untuk bisa menjadi wakif dengan uang berapapun nominalnya. Sehingga yang belum bisa memberikan harta bendanya, tetap bisa memperoleh pahala yang terus mengalir dari aset yang diberikannya untuk kepentingan banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here